IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI AREA PEMUKIMAN MASYARAKAT KELURAHAN DINOYO KOTA MALANG

Siti Marwa Arifin, Ari Hayati, Hasan Zayadi

Abstract


Tumbuhan paku merupakan kelompok tumbuhan yang dimasukkan ke dalam divisio Pteridophyta dengan tubuh yang sudah mempunyai kormus (akar, batang, dan daun yang jelas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis  dan karakteristik tumbuhan paku (Pteridophyta) yang tumbuh di area pemukiman masyarakat  di Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021, di area pemukiman masyarakat di  Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur. Metode deskriptif eksploratif pengambilan sampel tumbuhan paku pada lahan yang tepian sungai, tepi jalan, dan pekarangan rumah. Identifikasi nama ilmiah tumbuhan paku menggunakan pustaka taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan tumbuhan paku yang dijumpai tumbuh di area pemukiman masyarakat  sejumlah 16 species yang dikelompokkan ke dalam 11 genus, yaitu  Adiantum (3 jenis), Dryopteris (2 jenis), Pteris (2 jenis), Asplenium (2 jenis) , dan satu jenis pada 7 genus ( Nephrolepis, Phlebodium, Microsorum, Platycerium, Polystichum, Diplazium, dan Phegopteris).

Kata kunci: Identifikasi, Pteridophyta,  Dinoyo, Malang


Full Text:

XML

References


Kirno, Furwoko., Dwi, Astiani., Ekamawati, Hanna Artuti. 2018. Keanekaragaman Jenis Paku-Pakuan (Pteridophyta) Dan Kondisi Tempat Tumbuhnya Pada Hutan Rawa Gambut Sekunder Dan Lahan Gambut Terbuka. Jurnal Hutan Lestari vol. 7 (1) : 11-20.

Kurniawati, Eka, Wisanti, Rahcmadiarti, Fida. 2016. Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Hutan Wisata Air Terjun Girimanik Kabupaten Wonogiri. Lentera Bio, No. 1 Vol. 5 hal : 74-78.

Nursal, S., & Sirait, I. N. 2014. Karakteristik Komposisi Dan Stratifikasi Vegetasi Strata Pohon Komunitas Riparian Di Kawasan Hutan Wisata Rimbo Tujuh Danau. Jurnal Biogenesis, 9(2), 40–46. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/article/view/1897

Purnomo, Magandhi, Kuswantoro, Risna, & Witono. 2015. Pengembangan Koleksi Tumbuhan Kebun Raya Daerah Dalam Kerangka Strategi Konservasi Tumbuhan Di Indonesia. Bali: Buletin Kebun Raya Vl. 18 No. 2, Hal: 111-124. E-Issn: 2460-1519. P-ssn: 0125-961x.

Sandy, Pantiwati, Hudha,& Latifa. 2016. Keanekaragaman jenisTumbuhan Paku (Pteridophyta) Dikawasan Air Terjun Lawean Sendang Kabupaten Malang: Prosiding Seminar nasional li tahun 2016, Kerjasama Peodi Pendidikan Biologi Fkip Dengan Pusat Studi Lingkungan dan kependudukan (Pslk) Universitas Muhammadiyah Malang.

Steenis, van., S.Bloembergen & P.J. Eyme. 2013. Flora Untuk Sekolah di Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Suryana, 2009, Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku Terestrial dan Epifit di Kawasan PLTP Kamojang Kab. Garut Jawabarat. Jurnal Biotika, No. 1 Vol. 7 Juni 2009.

Tjitrosoepomo, G. 1991. Taksonomi Tumbuhan (Schizophyta, Thallopyta, Bryophyta, Pteridophyta).Yokyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jimsum.v1i1.20082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Islam Malang
Jl MT. Haryono No.193, Gedung B Lt. 1.

Editorial Address:
Jalan Mayjen Haryono No.193, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.