FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU INTERNET SMARTFREN (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DINOYO)

Jumiarti Jumiarti, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati

Sari


Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa penting dalam menggunakan internet smartfren. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif digunakan dalam proses penggalian data dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik penggalian data berupa wawancara semi terstuktur, pengamatan, dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk audio maupun foto. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kelurahan Dinoyo Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Proses analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut informan faktor-faktor perilaku konsumen dalam keputusan pembelian Kartu Internet Smartfren dipengaruhi oleh Faktor Internel meliputi pekerjaan, gaya hidup, motivasi, kepribadian dan konsep diri, situasi ekonomi dan keterlibatan. Sedangkan Faktor Eksternal meliputi budaya dan sub-budaya.

Kata Kunci


Perilaku Konsumen, Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Drs. Danang Sunyoto, S. (2013). Teori,Kuesioner, & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen . yogyakarta: Graha Ilmu.

Lexy, M. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran: Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Prehallindo, Jakarta.

Kotler, P. &. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). CV Alfabeta, Bandung

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kotler. P and Keller, K. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.