PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PELANGGAN JATIM PARK 3 KOTA WISATA BATU)

Ica Purwatiningrum, Rini Rahayu Kurniati, Daris Zunaida

Sari


Jatim Park 3 memiliki konsep keunikan dan ciri khas tersendiri, dapat dilihat dari hiasan interior bangunan serta yang disajikan dengan nuansa zaman purbakala di Jl.Ir.Soekarno No.144, Beji, Kec.Junrejo, Kota Batu,. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh experiential marketing, loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dan experiential marketing berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan terdapat pengaruh secara tidak langsung antara experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.

Kata Kunci


Experiential Marketing, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Amrullah, W. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Sengkaling Kuliner "SEKUL". JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol.7 No.2 oktober 2017, 119-128.

Astriana, D. A. (2019). Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening: Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas (Studi Pada Pelanggan Molak Malik Cafe Kota Pasuruan). Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 7 No.4, 1145-1153.

Anwar, I. Y. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Vol 10. No. 01 Maret 2019, 35-54.

Batukota.bps.go.id. (2020, 20 Oktober).

Bahrudin, M. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol 3 No 1.

Fandy Tjiptono, G. C. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offset .

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPPS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irnandha, A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat. pp. 1-138.

Keller, K. d. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (1994). Manajemen Pemasaran (Vols. ISBN No. 979-8190-16-5). Salemba Empat.

Muhammad Rizal, Z. N. (2016, Mei). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol. 5 No.1, 469-478.

Pelakubisnis.com. (2020, 20 Oktober).

Ratih Kusuma Dewi, S. K. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Tempat Wisata Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Batu). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 28 No.1 November, 1-6.

Sanusi. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sunyoto, D. (2011). Analisi Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Penerbit alfabeta bandung.

Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Sleman: Penerbit Dee Publish Publisher.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.