PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG (STUDI KASUS PADA PENGUNJUNG PANTAI BOOM BANYUWANGI)

Zulfi Bella Nur Aini, Siti Saroh, Dadang Krisdianto

Sari


Pantai Boom merupakan destinasi wisata pantai yang ada di kota Banyuwangi. Lokasinya berada di lahan Pelabuhan Boom, milik PT Pelindo III cabang Tanjung Wangi di kelurahan Kampung Mandar Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh electronic word of mouth. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial electronic word of mouth. berpengaruh terhadap minat berkunjung, electronic word of mouth. berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung, minat berkunjung berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung, dan electronic word of mouth berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung.

Kata Kunci


Electronic Word Of Mouth, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jeong & Jang. 2016. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word Of Mouth dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli (Survei Pada Followers Akun Instagram @Saboten_Shokudo). Universitas Brawijaya Malang.

Kotler, Philip., A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Analisis Perencanaan Implementasi & Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Kotler & Keller., 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip., Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip., Hermawan Kertajaya., Iwan Setiawan. 2017. MARKETING 4.0 (Moving From Traditional To Digital). Published: John Wiley Rakhmawati, Antin., Nizar, Murtadlo. 2019. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Viral

Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Studi Pada Konsumen Kafe Bernuansa Outdoor Di Kota Malang 2019). Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Yudharta Pasuruan

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit: Alfabeta Bandung

Suwarduki, Puspa Ratnaningrum. Edy Yulianto. Kholid Mawardi. 2016. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Vol. 37 No. 2. Universitas Brawijaya

Widyanto, Alfin., Sunarti., Edriana Pangestuti. 2017. Pengaruh EWOM Di Instagram Terhadap Minat Berkunjung Dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang). Vol 45 No.1. Universitas Brawijaya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.