PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT SECARA ONLINE DI SITUS TRAVELOKA.COM

Rahmadanni Rahmadanni, Sri Nuringwahyu, Ratna Nikin Hardati

Sari


Penelitian ini dilakukan karena. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat secara online di situs Traveloka.com. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling yaitu menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel 180 responden serta menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah kuisioner dari mahasiswa di kota Malang yang menggunakan pesan tiket pesawat secara online di situs Traveloka.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel harga terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu > 3.503 > 1.973. Uji secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel promosi terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3.006 > 1.973. Uji secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 5.832 > 1.973. Uji secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu > 81.200 > 2.65.

Kata Kunci


Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Mohammad Aldrin dan Sitti Nur Alam. 2020. E-commerce Dasar Teori dalam Bisnis Digital. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Darmanto dan Sri Wardaya. 2016. Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbit CV BUDI UTAMA).

Hery. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Grasindo, Anggota IKAPI.

Sudarsono, Heri. 2020. Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Jember, Jawa Timur: CV PUSTAKA ABADI.

Rizal, Achmad. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat 4.0. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbit CV BUDI UTAMA).

Fatihudin, Didin dan Anang Firmansyah. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbit CV BUDI UTAMA).

Effendie. 2017. Keuangan Negara Suatu Tinjauan Komprehensif dan Terpadu. Surabaya: Airlangga University Press.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UNITOMO PRESS.

Intyas, Candra Adi dan Zainal Abidin. 2018. Manajemen Agribisnis Perikanan. Malang: UB Press.

Febrianty. 2020. Pengantar Bisnis Etika, Hukum & Bisnis Internasional. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Zebua, Manahati. Pemasaran Produk Jasa Kesehatan. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbit CV BUDI UTAMA).

Soegoto, Eddy Soeryanto. 2009. Entrepreneurship Menjadi Pembisnis Ulung. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudarso, Andriasan. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan (Dilengkapi dengan Hasil Riset Pada Hotel Berbintang di Sumatera Utara). Yogyakarta. Penerbit Deepublish.

Mutiawati, Cut. 2019. Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).

Indahingwati, Asmara. 2019. Kepuasan Konsumen dan Citra Institusi Kepolisian Pada Kualitas Layanan SIM Corner Di Indonesia. Surabaya: CV Jaka Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.