PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK HERBAL HPAI DI KECAMATAN PONCOKUSUMO)

Zakiya Ulin Nukha, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


Produk Herbal HPAI adalah produk lokal Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia yang menggunakan sistem halal network dalam penjualannya. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal, harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100 serta menggunakan metode analisis path. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh stimultan variabel sertifikasi halal, harga, kualitas produk dan keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan secara parsial terdapat pengaruh antara variabel sertifikasi halal dan kualitas produk baik terhadap kepuasan konsumen maupun keputusan pembelian. Selain itu juga terdapat variabel mediasi. Namun pada variabel harga tidak terdapat pengaruh parsial maupun variabel mediasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: UNDIP.

Konoras, Abdurrahman. (2017). Jaminan Produk Halal Di Indonesia : Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Depok: PT RajaGrafindo Persada Kotler dan A.B. Susanto (2000). Manajemen Pemasaran Indonesia. Jakarta: Salemba empat

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Prawirta, Teddy. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanusi, Anwar. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandi dan Chandra, Gregorius. (2017). Pemasaran Strategik.Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana

Budiarto, Teguh (1993) Dasar Pemasaran. [Internet], Jakarta, Gunadarma. Available from: PDFDrive

Daga, Rosnaini (2017) Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan [Internet], Gowa, Global Research and Consulting Institute. Available from: PDFDrive

LPPOM MUI. (2014) Buku Panduan Olimpiade Halal LPPOM MUI [Internet], Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia. Available From: PDFDrive

Furqon, Isnaini N. (2020) Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal HPAI di Boyolali dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri: Salatiga.

Sumber Internet :

Komite Akreditasi Nasional (2017) Sertifikat Halal MUI. LPPOM MUI [Internet], 25 Oktober. Available from: [Accessed 5 September 2020].

Pratama (2020) Industri Jamu dan Herbal Indonesia Dinilai Primadona yang Terabaikan. Kompas [Internet], 17 September. Available from: < https://money.kompas.com/> [Accessed 20 September 2020].

Syalaby (2019) Produk Halal Lokal Bertekad Kuasai Pasar Internasional. Republika [Internet], 09 Juli. Available from: https:// /m.republika.co.id/> [Accessed 20 September 2020].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.