ANALISIS PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE, PRICE DISCOUNT, PEOPLE DAN PACKAGING TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK KULINER (STUDI KASUS PADA KONSUMEN FOODCOURT MALL DINOYO CITY LT.3 MALANG)

Raden Wicaksono, Siti Saroh, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri atas 4 variabel, yaitu: physical evidence, price discount, people dan packaging terhadap perilaku impulse buying/pembelian spontan konsumen baik secara simultan atau parsial pada produk kuliner yang bertempat di foodcourt Mall Dinoyo City LT.3. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan format deskriptif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen yang terdiri atas uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, liniearitas, multikoliniearitas dan heteroskedasitisas serta uji hipotesis yang terdiri atas analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel physical evidence, price discount, people dan packaging secara parsial berpengaruh terhadap perilaku impulse buying. Begitu pula variabel physical evidence, price discount, people dan packaging secara simultan mempengaruhi perilaku impulse buying terhadap konsumen foodcourt Mall Dinoyo City LT.3.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Algifari. 2003. Statistika Induktif Ekonomi dan Bisnis. Edisi 2. Yogyakarta: AMP YKPN

Anggriani, M. 2017. “Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Minat Nasabah Dalam Memilih Pt. Asuransi Takaful Keluarga Palembang.[Skripsi].” http://eprints.radenfatah.ac.id/1505/.

Asterrina, Febrya. dan Hermiati, Tuti. 2014. Pengaruh Discount Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Department Store di Margo City). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik : Universitas Indonesia.

Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : KENCANA

Denny Kurniawan , Yohanes Sondang.2013. Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol.1.No.2.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gumilang, Wayan, and I Nurcahya. 2016. “Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Emotional Shopping Dan Impulse Buying.” None 5(3): 197-244.

Mowen,C, John. Minor Michael. 2002, Perilaku Konsumen. Jilid Pertama, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga

Kasimin, Dhiana, Patricia, Warso, Muh Mukery. 2014. “Effect Of Discounts, Sales Promotion And Merchandising On Impulse Buying At Toko IntanPurwokerto” Fakultas Ekonomi: Universitas Pandanaran Semarang

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Nirwana . 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa, Penerbit Dioma, Malang

Permatasari, Shinta Indah, R Sugeng Basuki, Administrasi Niaga, and Politeknik Negeri Malang. 2018. “Pengaruh Physical Evidence, People, dan Process Terhadap Kepuasan Pelanggan di Salon Nico Sawojajar, Malang.” 4(1): 293

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT.Gramedia

Soemarso, SR. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Suharyadi dan Purwanto. 2004. Metodologi Penelitian.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susetyarsi, Th. 2013. “Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–1699.

Siregar, Syofian. 2010. Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta: Bumi Aksara.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Yazid. 2008. Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta. Ekonisia

www.bps.go.id 2017:33-35 diakses pada tanggal 10 Oktober 2020


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.