PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA POTONG RAMBUT NOVERIA DUSUN KEDAWUNG)

Noveria Maulani Khoirun Nisa, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Potong Rambut Noveria merupakan usaha perseorangan yang bergerak dibidang jasa di Jl. Desa Tunggulwulung dusun Kedawung Kec. Pandaan Kab. Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling ( pengambilan sampel secara acak ) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Purposive Sampling merupakan pemilihan anggota sampel yang didasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji thitung variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 2.542 dengan ttabel 1.984 Karena thitung>ttabel dan tingkat signifikan 0.013 lebih kecil dari 0,05 artinya secara parsial kualitas pelayanan terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Uji thitung variabel harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 2.213 dengan ttabel 1.984 Karena thitung>ttabel dan tingkat signifikan 0.030 lebih kecil dari 0,05 artinya secara parsial harga terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Uji F terdapat pengaruh yang simultan dan signifikan antara kualitas pelayanan dan harga, hal ini ditunjukkan nilai F hitung > dari F tabel yaitu sebesar Sig. F 0,010 < 0,05 dengan Fhitung> Ftabel = 4.826 > 3.09.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Indahingwati, Asmara ( 2019 ) kepuasan pelanggan . Jl Gayung kebon sari I No. 1 Surabaya

Atep Adya Barata .2016. Dasar – Dasar Pelayanan Prima . PTElex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta

Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi

Kotler.P., dan Keller, K.l. 2009.Manajemen Pemasaran. Edisi 13.Jakarta : Penerbit Erlangga

Parasuraman A Valerie, (2001). Delivering Quality Service (diterjemahkan oleh Sutanto). New York. The free press

Philip kotler , Gary Amstrong ( 2006 ) prinsip-prinsip pemasaran edisi 12 jilid 1 . Jl. H. Baping Raya No. 100 Ciracas, Jakarta 13740

Christopher H. Lovelock (2007) manajemen pemasaran jasa . Jakarta

Ari Setiyaningrum, jusuf udaya dan effendi, PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN. Yogyakarta

William J. Stanton, Prinsip Pemasaran jilid I Edisi 7. Jakarta : Erlangga,1998

Kotler, Philip & Gary Amstrong 2008.Prinsip-Prinsip Pemasaran.Edisi 12.Jilid 1.Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler.philip., dan Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran edisi 12.Jakarta : PT. Indeks

Rambat Lupiyoadi (2001) salemba empat, manajemen pemasaran jasa. Jl. Wijaya 2, Jakarta 12160

Inggang Perwangsa Nuralam, SE.,MBA . ETIKA PEMASAR DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH. Jl. Veteran 10-11 Malang 65145 Indonesia

Tjiptono, Fandy.( 2001). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi Offset

Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen jasa.Yogyakarta

Arikunto. Suharsimi.(2008). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono (2005) Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung

……………..(2013) Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. CV

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

……………..( 2015 ). Metodologi penelitian bisnis.Jakarta .salemba empa

Tjiptono, fandy.(2007). Strategi Pemasar edisi kedua. Cetakan pertama .Yogyakarta : Andi offset

Kotler , Philip dan Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran Edisi kedelapan.Jakarta : Erlangga

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS.Semarang : Badan Penerbit Diponegoro

Marzuki.(2005) Metodologi Riset.Yogyakarta : Ekonisia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.