PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE DI KOTA MALANG)

Nazilatul Maziyah, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemudahan penggunaan dan kemanfaatan teknologi informasi terhadap minat beli pada E-commerce. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna teknologi informasi (khususnya internet) aktif yang pernah berbelanja secara online pada Shopee di Kota Malang, dan sampelnya adalah 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan cara sampling insidental. Analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan secara parsial bahwa Kemudahan Penggunaan Teknologi Informasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Minat Beli, sedangkan Kemanfaatan Teknologi Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap Minat Beli pada e-commerce Shopee di Kota Malang, sehingga hipotesis terbukti dan diterima kebenarannya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Permana, Widia, et.al. (2012). Layanan Perpustakaan Via Mobile. Malang: UB Press.

Lantip, Diat Prasojo dan Rianto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Nasution, F. (2004). Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku.

Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Rerung, R. (2018). E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Nurrahmanto, P. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen di Situs Jual Beli Online Bukalapak.com.

Andryanto, R. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Presepsi Manfaat, dan Presepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online (Studi Empire Yang Dilakukan Pada OLX.co.id di Yogyakarta).

Sumber Internet:

Jayani, D. H. (2020, september 21). Peta Persaingan E-Commerce Indonesia Pada Kuartal II-2020. Retrieved Januari 26, 2021, from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/peta-persaingan-e-commerce-indonesia-pada-kuartal-ii-2020#


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.