ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI KASUS PADA PT. UNILEVER INDONESIA, TBK PERIODE 2017-2019)

Farida Luthfiatul Afifah, Siti Saroh, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini akan dilakukan di PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2017-2019. Dalam hal ini PT. Unilever Indonesia, Tbk yaitu salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri consumer goods atau barang konsumsi dan telah memimpin industri ini selama 86 tahun. Tujuan utama PT. Unilever Indonesia, Tbk adalah untuk memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan (kehidupan yang ramah lingkungan dan memberikan manfaat sosial). Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk ditinjau dari rasio keuangan yang meliputi 4 rasio, yaitu: rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio profitabilitas dalam laporan keuangan selama 3 tahun periode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan yang berupa laporan neraca dan laporan laba rugi PT. Unilever Indonesia Tbk pada 3 (tiga) tahun terakhir yaitu periode 2017-2019. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis rasio keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk tahun 2017 – 2019 dalam keadaan baik terkecuali pada rasio likuiditas dalam perhitungan rasio cepat perusahaan belum mampu memenuhi kewajiban lancarnya dengan asset lancar yang dimiliki perusahaan (tanpa memperhitungkan persediaan) dan dalam perhitungan rasio kas perusahaan belum mampu memenuhi kewajiban lancarnya dengan kas yang dimiliki perusahaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Denny Erica. 2018. Analisa Rasio Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pt Kino Indonesia Tbk. Jurnal Ecodemica. Vol. 2

Diana Mandasari. 2017. Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Cv. Awuaya Palembang. Skripsi. Palembang. Universitas Muhammadiyah.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta Fathul Hilal Perdana Kusuma. 2018. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Unilever Indonesia, Tbk. Jurnal Akuntansi Unihaz-JAZ. Vol 1 : Hal. 88-113.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Hery. 2015. Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta: Grasindo

Julia Sastra Wati. 2018. Analisis Kinerja Keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk. Skripsi. Nias Selatan Telukdalam. Sekolah Tinggi Ekonomi.

Maria Delsiana Adur, Wahyu Wiyani, Anandhayu Mahatma Ratri. 2018. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Rokok. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 5 : Hal. 204-212.

Marianno William. 2017. Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk). Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Mutiara Nur’ Rahmah , Euis Komariah. 2016. Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan Industri Semen Yang Terdaftar Di BEI (Studi Kasus PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK). Jurnal Online Insan Akuntan. Vol.1: 43 – 58.

PT Bursa Efek Indonesia. https://www.idx.co.id/. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2020.

PT Bursa Efek Indonesia. https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2020.

PT Unilever Indonesia, Tbk. Annual Report. https://www.unilever.co.id/en/investor-relations/corporate-publication/annual-reports.html. Diakses pada tanggal 14 November 2020.

Sari Wulandari. 2018. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kimia di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.