ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA AHSANA PROPERTY MALANG)

Muhamad Fikri, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


Bauran komunikasi pemasaran berpengaruh bagi meningkatnya volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bauran komunikasi pemasaran ,mendeskripsikan pencapaian volume penjualan,dan mendeskripsikan bagaimana praktik etika bisnis islami dalam penerapan bauran komunikasi pemasaran pada Ahsana Property Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran komunikasi pemasaran berpengaruh bagi peningkatan volume penjualan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Ahsana Property Malang menerapkan seluruh bauran komunikasi pemasaran dalam memasarkan produknya untuk meningkatkan volume penjualan dan selalu memperhatikan etika bisnis islam dalam penerapan kegiatan tersebut. Penerapan etika bisnis islam dibuktikan dengan penolakan terhadap segala bentuk praktik yang dilarang syariat islam seperti riba, dan juga penipuan. Isu penipuan yang dikaitkan Property syariah tidak benar, dibuktikan dengan testimoni pembeli dan keberadaan proyek-proyek yang berjalan sebagaimana mestinya.

Kata Kunci


Bauran Komunikasi Pemasaran, Volume Penjualan, Etika Bisnis Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, B., & Priansa , D. J. (2014). Manajemen

Bisnis Syariah,. Bandung: .: Cv.

Alfabeta.

Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran

Konsep Dasar Dan Strategi. Edisi

Pertama. Jakarta: Pt. Raja Grafindo

Persada.

Aziz , A. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam.

Bandung: Alfabeta.

Echdar, S., & Maryadi. (2019). Business Ethics

And Entrepreneurship. Etika Bisnis

Dan Kewirausahaan. Sleman:

Deepublish.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2002).

Metodologi Penelitian Bisnis Untuk

Akuntansi Dan Manajemen.

Yogyakarta: Bpfe.

Kasmir. (.2012). Analisis Laporan Keuangan.

Cetakan Kelima . Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen

Keuangan. Jakarta: Penamedia Group.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen

Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13.

Jakarta:: Erlangga.

Maholtra. (2004). Riset Pemasaran Pendekatan

Terapan. Alih Bahasa Oleh Soleh.

Jakarta : Pt Indeks.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Penerbit Pt

Remaja Rosdakarya. Offset.

Mulyadi. (2005,). Akuntansi Biaya, Edisi

Kelima. Yogyakarta: Unit Penerbit

Dan Percetakan Akademi Manajemen

Perusahaan Ykpn.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran

Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Rangkuti , F. (2009). Strategi Promosi Yang

Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan

Pertama,.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Dan

Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif Dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Sugiyono. (2012.). Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi

Dan Bisnis. Yogyakarta:: Uii Press.

Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen

Pemasaran Modern. Ygyakarta:

Liberty.

Tjiptno, F., & Candra, G. (2005). Pemasaran

Strategik Edisi Ketiga. Yogyakarta:

Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.