PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN NILAI-NILAI PRINSIP ISLAM TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP MALANG SOEKARNO HATTA)

Yahya Yusuf Ahmed, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk dan Nilai-nilai Prinsip Islam terhadap Loyalitas Nasabah secara parsial dan secara simultan. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Bank Syariah Mandiri KCP Malang seokarno Hatta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, Kuisioner, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t dan uji f dengan Menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa variabel atribut produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil t tabel (6,719 > 2,026) dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Variabel nilai-nilai prinsip Islam berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil dari t tabel (2,495 > 2,026) dengan tingkat signifikansi 0,017< 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Variabel atribut produk, nilai-nilai prinsip Islam secara simultan atau secara bersama-sama terdapat pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil F Hitung lebih besar dari F tabel 50,099 > 3,25 dan nilai signifikan (0,000b < 0,05). ). Nilai koefisien determinasi yang disesuaikan oleh R Square sebesar 0,730 Hal tersebut berarti variabel atribut produk dan nilai-nilai prinsip Islam dapat mempengaruhi 73% dari loyalitas nasabah.

Kata Kunci


Atribut Produk, Nilai-nilai Prinsip Islam, Loyalitas Nasabah.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agus, Eko Sujianto. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ahmad, Tazeh. 2004. Metode Penelitian Praktis. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Ahmad, Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yokyakarta: Sukses Offset.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2007. Lembaga Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Antonio, Muhammad Syafi’I. 2005. Bank Syari’ah Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Asrof, Syafi’i. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Elkaf.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan. Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Hamdi, Asep Saepul. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: deepublish.

Henry, Simamora. 2000. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Lexy J. Moleong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muhamad, Afif Nailal Muna. Produk Bank Syariah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah KSPS Pati, Jurnal Equilibrium stain kudus, ISSN:2355-0228 Vol. 4, No. 1 Juni 2016.

Muhammad. 2007. Lembaga Ekonomi Syariah. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nirwana. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jasa. Malang: DIOMA.

Philip, Kotler dan Gary, Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Prasetyo, Bambang 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Grafindo.

Ratih, Hurriyati 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. Risca, Fitri Ayuni. Role Of Religion Motives And Brand Image Towards Consumer Satisfaction And Consumer Loyalty Of Islamic Banking, Jurnal Internasional Management Research Brawijaya University Vol. 23, No. 2 Desember 2015. Rutmaira, Sitinjak. Analisis Pengaruh Atribut Produk Islami Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah) Pekanbaru, Jurnal Jom FEKON Universitas Riau, Vol. 2, No. 2 Oktober 2015.

Sandu, Siyoto & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Singarimbun, Masri & Sofyan, Effendi. 2008. Metode Penelitian Survei. Edisi. Revisi, Jakarta, PT. Pustaka LP3ES.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineke Cipta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardin. 2011. Materi Hukum Islam. Makassar: Alauddin University Press.

Tuti Supriyatmini. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Baitul Mal Wattanwil Kafah Semarang. Skripsi. Semarang: UNNES.

Syafi'i, Al-Qudsy, “Pendidikan Agama Islam” dalam http://newjoesafirablog.blogspot.com/2012/05/pengertian-dan-konsep-nilai-dalam-islam.html, diakses 13 Januari 2005.

Teguh, Budiarto. 1993. Seri Diklat Kuliah Dasar Pemasaran. Jakarta: Gunadarman.

Wirdyaningsih. 2005. Bank dan Asuransi Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.