KAJIAN ASPEK PEMASARAN PADA BISNIS RITEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (STUDI KASUS PADA LAMONGAN PLAZA)

Popy Septia Miranda, Siti - Saroh, Daris - Zunaida

Sari


Fokus kajian penelitian ini adalah aspek pemasaran bisnis ritel di Kabupaten Lamongan yaitu Lamongan Plaza dalam menghadapi persaingan. Kajian tersebut berhubungan dengan kelebihan dan kelemahan aspek pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengkaji kelebihan dan kelemahan dalam aspek pemasaran bisnis ritel di Kabupaten Lamongan yaitu Lamongan Plaza dalam menghadapi persaingan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian terletak di Lamongan Plaza. Subyek penelitiannya adalah Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Lamongan melalui UPT Lamongan Plaza dan Pasar Modern. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai metode analisa datanya menggunakan metode analisis data deskriptif, dengan komponen pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.
Mengenai aspek pemasaran yang berhubungan dengan strategi produk, pihak UPT memperhatikan lima tingkatan produk, atribut produk, dan klasifikasi produk. Sedangkan untuk strategi produk khusus tersendiri pihak UPT tidak ada. Mengenai srategi harga, pihak UPT juga memperhatikannya, karena harga adalah hal yang utama dituju oleh konsumen. Disini pihak UPT juga menjalankan 7 dari 9 fungsi utama strategi penyaluran. Strategi promosi yang dijalankan yaitu bauran promosi, namun untuk faktor-faktor bauran promosi belum sepenuhnya dijalankan. Pihak UPT merasakan kesulitan dan bingung dalam mengidentifikasi dan menyeleksi pesaing. Pihak UPT juga melakukan beberpa cara untuk memperluas pangsa pasar. Sedangkan untuk mempertahankan pangsa pasar hanya menggunakan pertahanan rusuk saja.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Assuri, Sofian. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Kasmir. 2012. Kewirausahaan Cetakan ke 7. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran Buku Dua, Edisi Terjemahan. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manejemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Indeks.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Mathew Miles, B.A, Michael Hubermen, Saldana. 2014. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : UI Press.

Moloeng, Lexi J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Berkarya.

Nazir, M .2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sondang P. Siagian. 2003. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Keduapuluh. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi Tiga. Yogyakarta: Andi.

Pitoy, Claudia Vanesa dkk. 2016. “Analisis Strategi Brsaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Sollution (Studi Kasus Pada PT. Astragraphia, Tbk Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 16 No. 3, 2016.

https://malianariska26.wordpress.com/bisnis-ritel-modern-indonesia/. Diakses Tanggal 20 Oktober 2017.

http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-plaza/. Diakses Tanggal 20 Oktober 2017.

https://www.bangsaonline.com/berita/16663/dibangun-dengan-anggaran-rp-52-m-lamongan-plaza-kini-mangkrak. Diakses Tanggal 20 Oktober 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.