ANALISIS LINGKUNGAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI YANG TEPAT (STUDI PADA KERAJINAN KAYU TOHU SRIJAYA KOTA BATU)

Devi Rizki Amalia, Sri - Nuringwahyu, Ratna Nikin Hardati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal yang merupakan kekuatan dan kelemahan Tohu Srijaya, mengidentifikasi faktor eksternal yang merupakan peluang dan ancaman Tohu Srijaya, merumuskan alternatif strategi pengembangan bagi Tohu Srijaya, mengkaji kesesuaian antara alternatif strategi yang dihasilkan dengan strategi yang telah dijalankan oleh Tohu Srijaya,Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajemen Tohu Srijaya, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang terdiri dari pemilik, sekretaris, bendahara dan kepala bagian produksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara langsung, wawancara mendalam, observasi di lapangan, pengisian daftar pertanyaan dan browsing internet. Metode analisis yang digunakan yaitu matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT,Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil identifikasi faktor lingkungan internal perusahaan faktor utama yang menjadi kekuatan bagi Tohu Srijaya yaitu memiliki asupan modal yang cukup kuat dengan skor 0,312 sedangkan faktor utama yang menjadi kelemahan Tohu Srijaya yaitu kurangnya identitas lokasi menuju lokasi usaha dengan skor 0,138. Berdasarkan faktor lingkungan eksternal perusahaan faktor utama yang menjadi peluang utama bagi Tohu Srijaya yaitu hubungan yang baik antar pelaku UKM di Kota Batu dengan skor 0,336 sedangkan faktor utama yang menjadi ancaman utama bagi Tohu Srijaya yaitu hambatan masuk ke dalam industri ini relatif kecil dengan skor 0,211. Berdasarkan analisis matriks IE menunjukkan bahwa Tohu Srijaya berada pada kuadran V dengan strategi bisnis unit yang sesuai yaitu hold and maintain (pertahankan dan pelihara).

Kata Kunci


strategi pengembangan usaha kecil

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alfian, M. A. (2009). Menjadi Pemimpin Politik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama .

A.F, M. (2010). Strategi Memenangkan Persaingan Usaha Dengan MenyusunBusiness Plan . Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia .

Ahman, E., & Indriani , E. (2007). Membina Kompetensi Ekonomi. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Baro, R. (2014). Penelitian Hukum Non Doktrinal penggunaan Metode & TeknikPenelitian Sosial di Bidang Hukum . Yogyakarta : Pustaka Cendekia.

David, F. R. (2006). Strategic Management . Jakarta : Salemba Empat.

Http//elib.Unikom.ac,id

Hutabarat,J,&Huseini,M.(2006).ManajemenStrategik Kontemporer Operasionalisasi Strategi . Jakarta : PT Elex Media Komputindo .

Ismawan, I. (2002). Alternatif pemberdayaan Usaha kecil. In S. Soemitro, A. S.Alisjahbana , R. Indiastuti, & F. Hadiyanto, Analisis Ekonomi Jawa Barat (p.267). Bandung : Unpad Press.

LIPI. (2008). Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. Jakarta : LIPI Press.

Liza Herlina. 2002. Analisis Strategi Pemasaran dan Pengembangan Usaha Kecil pada Pie Apple Pie Bogor. Bogor. Institut Pertanian Bogor

Nusawanti, T. A. (2009). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Roti Pada Bagas Bakery Kabupaten Kendal. Bogor : Institut Pertanian Bogor .

Pearce, J. A., & Robbinson, R. B. (2013). Manajemen Strategis, Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian . Jakarta : Salemba Empat .

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sarwono, J. (2010). Pintar Menulis Karya Ilmiah- Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah. Yogyakarta : CV Andi Offset .

Shinta Kartika Dewi. 2009. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Olahan Carica (Studi Kasus pada Industri Kecil Oalahan Carica di Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo). Bogor. Institut Pertanian Bogor

Susanto, A. (2014). Manajemen Strategik Komprehensif . Jakarta : Erlangga.

Tri Ariessiana Nusawanti. 2009. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Roti

pada SBagas Bakery Kabupaten Kendal. Bogor. Institut Pertanian Bogor

Umar, H. (2001). Strategic Management In Action . Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama .

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis . Yogyakarta : CV Andi Offset.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.