PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PROYEK KONSTRUKSI JEMBER ICON MALL (STUDI PADA PT. SURYA BANGUN PERSADA INDAH)

Binti Roicatul Mahfudoh, Rini - Kurniati, Dadang - Krisdianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Keselamatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan, pengaruh Kesehatan kerja terhadap Kinerja Karyawan dan pengaruh secara semultan antara Keselamatan dan Kesehatan kerja Karyawan terhadap Kinerja Karyawan.
Populasi dari penelitian ini karyawan PT SBPI yaitu terdiri dari mandor, tukang dan kuli bangunan sebanyak 70, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah uji validitas uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa antara variabel Keselamatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan hasil t hitung 2,035 > t tabel 2,002 dan nilai sig. 0,047 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel Kesehatan Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil uji t hitung 3,283 > t tabel 2,002 dan nilai sig. 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel keselamatan dan kesehatan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil F hitung 22,583 > F tabel 3,15 dan nilai sig. 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi yang disesuaikan oleh R Square sebesar 0,442 hal itu dapat disimpulkan bahwa variabel keselamatan dan kesehatan kerja dapat mempengaruhi 44,42 % dari kinerja karyawan.


Kata Kunci


Keselamatan kerja, kesehatan kerja, kinerja karyawan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Buku

Arikunto,Suharsini.2010.prosedur penelitian.Jakarta. PT. Rineka Cipta

Budi,Purbayu Santosa, M.S. 2007. Satatistika Deskriptif. Semarang : Penerbit Erlangga

Djatmiko,Riswan,2016.Kesehatan dan Keselamatan Kerja.Yogyakarta.CV Budi Utama.

Hasibuan,Malayu.2013. manajemen sumberdaya manusia. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Kasmir.2016.Manajemen Sumberdaya Manusia.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2014. Evaluasi kerja SDM. Bandung : PT. Refika Aditama.

Marwansyah.2016. Manajemen Sumberdaya Manusia.Bandung:Alfabeta.

Priyanto.2005. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Bandung.Alfabeta.

Sutrisno.,Edi..2009.Manajemen Sumber Daya Manusia.jakarta:Prenamedia Groub.

Simanjuntak,j Payaman, 2011. Manajemen & Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Simamora,Henry.2004.riset sumberdaya manusia. Edisi ke-3. STIE YKPN Yogyakarta

Siagian, S.P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Asdi Mahasatya

Yenita,Riski Novera.2017.higiene industri.Sleman Yogyakarta:deepublish.

Jurnal

Anjan,Merysa dkk.2014. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. International Power Mitsui Operation and Maintenance Indonesia (IPMOMI) Paiton).jurnal administrasi bisnis. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas brawijaya Malang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.