PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK DAN JARINGAN USAHA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA IKM ROTAN DI BALEARJOSARI KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG)

sasvita diana sari, Siti Saroh, daris zunaida

Sari


IKM Rattan is a small and medium industry engaged in rattan craftsmen. The purpose of this study is to determine the significant influence between market orientation, product innovation and business networks on competitive advantage partially and simultaneously. This research uses quantitative research methods. The sample in this study were 41 SMIs, and the data analysis technique used multiple linear regression analysis. Research results Market orientation and product innovation do not have a significant effect on competitive advantage partially, business networks have a significant effect on competitive advantage partially and market orientation, product innovation and business networks have a significant effect on competitive advantage simultaneously.


Kata Kunci


Market Orientation, Product Innovation, Business Network and Competitive Advantage

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alifah Nur, W. 2015. Analisis pengaruh orientasi wirausaha, kapabilitas pencitraan terhadap jaringan usaha, dan keunggulan bersaing serta dampaknya pada kinerja perusahaan. Jurnal. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP. Diunduh dari: http// : Indonesiamarketingacademy.org

Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta. ------------. dkk. (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Ferdinand, Augusty. (2009) Metode Penelitian Manajemen. Semarang, BP.UNDIP. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. Haji, Arifin Rois, Khairul. (2007) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal. Fakultas Ekonomi UNISMA. Diunduh dari: ejurnal riset manajemen Prodi Manajemen. Helia, Farida Naili dan Prabawani. (2015) Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Antara. Jurnal. Diponegoro Journal Of Social and Political Of Science. Diunduh dari: http//ejournalS1.undip.ac.id/index.php/ Kotler, Philip dan Armstrong Gary. (2001) Dasar-dasar pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta, Penerbit Prenhallindo. ------------, (2008) Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi ketigabelas. Alih Bahasa oleh David Octarevia. Jakarta, Salemba Empat. ------------, (2011) Analisis strategi pemasaran. Gajahmada. University Press, Yogyakarta. ------------. (2007) Manajemen pemasaran, Vol.1, Edisi 12, Jakarta. ------------. (2012) Manajemen pemasaran. Jilid 2. Jakarta, Penerbit Prenhallindo. Narver, John C dan Stanley F, Slater. (1990) The Effect Of a Market Orientation on Business Profitability, Journal of Marketing, Page 20-35. Nazir, Moh. (2014) Metode penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor. Porter Michael E. (1980) Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri Dan Pesaing. Jakarta. Penerbit : Erlangga. ------------. (1994) Keunggulan Bersaing Tim Penerjemah Binarupa Aksara, Binarupa Aksara, Jakarta. Prabawati, Handayani Melia. (2019) Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Variabel Intervening Keunggulan Bersaing. Jurnal. Program Studi Ilmu Administrasi Niaga. Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Jember. Diunduh dari: http//ejournal.ac.id diakses 2 Oktober 2019.

Sanusi, A. (2011) Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. Salemba Empat. Sugiyono (2011) Metodologi penelitian bisnis. Jakarta, Salemba Empat. ------------. (2013) Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung. Sukirno, Sadono (1995) Pengantar Teori Ekonomi Mikro, Edisi Kedua, Jakarta: PT. Karya Grafindo Persada hlm.54. Tjiptono, Fandy. (2008) Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga, Yogyakarta: ANDI.

------------, Gregorius Chandra, Dadi Adriana. (2008) Pemasaran Strategik. Yogyakarta : ANDI. ------------, Fandy. (2007) Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Edisi Kedua, Penerbit : Andi Offset Yogyakarta. Wahyono. (2002) Orientasi Pasar Dan Inovasi “Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol.1 No.1. Oktober.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.