PENERAPAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK ALAT KESEHATAN (STUDI KASUS PADA PT. RISKY PUTRA KASIH)

Megawati - Megawati, Sri - Nuringwahyu, Dadang - Krisdianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan komunikasi bisnis dalam upaya meningkatkan penjualan produk alat kesehatan PT. Risky Putra Kasih. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan fokus pada komunikasi bisnis yang diterapkan pada perusahaan PT. Risky Putra Kasih. Data primer dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakaninstrumen penelitian yaitu pedoman wawancara. Data penelitian yang telah diperoleh dianalisis dengan tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) pengambilan keputusan atau verifikasi. Selain itu, uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi bisnis dalam penjualan produk alat kesehatan di PT. Risky Putra Kasih dilakukan secara langsung melalui penjualan personal serta secara tidak langsung melalui pemanfaatan media sosial.


Kata Kunci


Komunikasi bisnis, Peningkatan penjualan, Alat Kesehatan.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Z., Harahab, N., Asmarawati, L. 2017. Pemasaran Hasil Perikanan. Malang: UB Press.

Anthony, A., Tanaamah, A.R., Wijaya, A.F. 2017. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berdasarkan Stok Gudang Berbasis Client Server. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 4(2): 136-147.

Bisnis Online. 2018. Tahun Ini Industri Alat Kesehatan Bakal Capai Rp13,5 Triliun. http://industri.bisnis.com/read/20180306/257/746647/tahun-ini-indu stri-alat-kesehatan-bakal-capai-rp135-triliun

Buchari, Sri A. 2014. Kebangkitan Etnis Menuju Poilitik Identitas. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Eilers, F.J. 2012. Berkomunikasi Dalam Pelayanan dan Misi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Firdaus., Zamzam, F. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Fitrah, M., Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: Jejak Publisher.

Hikmah, N. 2017. Strategi Komunikasi Bisnis Pada Warung Kopi Solong Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Jurnal Al-Bayan. Vol. 23(1): 77-104.

Irma, A. 2017. Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop). Jurnal Online Kinesik, Vol. 4(2):1-12.

Irwansyah. 2017. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media

Kamaluddin, A. 2017. Administrasi Bisnis. Makassar: CV. Sah Media.

Manzilati, A. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press.

Oktarina, Y., Abdullah, Y. 2017. Komunikasi Dalam Perspektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: Deepublish.

Purwanto. D. 2010. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ramadani, I.F. 2016. Analisis Penerapan Sistem Penjualan Kredit di PT. Unity Samarinda. e-Journal Ilmu Administrasi. Vol 4(3):841-853.

Ramadanty, S. 2014. Penggunaan Komunikasi Fatis Dalam Pengelolaan Hubungan di Tempat kerja. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 5(1): 1-12.

Rangkuti, F. 2013. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Republika Online. 2018. Industri Alat Kesehatan Diklaim Meningkat. https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/03/20/p5uum9368-industri-alat-kesehatan-diklaim-meningkat

Solihin, R. 2015. Penerapan Strategi Komunnikasi Bisnis Dalam Positioning PT. Bank Muamalat Indonesia. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Suprapto, J. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress.

Ullen, Y. 2015. Strategi Komunikasi Bisnis PT. Alif Persada Nusantara Dalam Meningkatkan Penjualan Garden Hills Estate Tahun 2013. e-Journal Ilmu Komunikasi. 2015, Vol. 3(3): 134-144.

Umar, H. 2009. Business an Introduction. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Whalley, A. 2010. Strategic Marketing. London: Ventus Publishing

Yulianto, N.A., Maskan, M., Utaminingsih, A. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: Polinema Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.