MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK)

Firda Shafira Puteri, Sri - Nuringwahyu, Dadang - Krisdianto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi PT. Matahari Department Store Tbk pada Matriks BCG (Boston Consulting Group) serta merumuskan srategi yang tepat pada PT. Matahari Department Store. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data ialah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan perhitungan tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif dari Matriks Boston Consulting Group (BCG). Hasil perhitungan Matriks Boston Consulting Group yang dimiliki oleh PT. Matahari Department Store Tbk adalah perusahaan tersebut berada pada posisi Question Marks dimana posisi tersebut memiliki pertumbuhan pasar yang tinggi namun memiliki pangsa pasar yang rendah. Dengan demikian perusahaan dapat merumuskan strategi berupa penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan divestasi.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Danim, Sudarwan & Darwis. (2003). Metode Penelitian Kebidanan: Prosedur, Kebijakan dan Etik. [Internet], Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Available from : Google Books ( http://books.google.co.id ) diakses pada 7 Februari 2019

David, Fred R. (2008). Strategic Management. Manajemen Strategi konsep. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Dimyati, Jhoni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). [Internet], Jakarta. Penerbit Kencana Prenada Media Group. Available from : Google Books ( http://books.google.co.id ) diakses pada 3 Februari 2019

Gulo, W. (2000). Metodologi Penelitian. [Internet], Jakarta. Penerbit Grasindo. Available from: Google Books ( http://books.google.co.id/ ) diakses pada 25 november 2018

Istijanto, (2010). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta. Penerbit Gramedia

Ma’ruf, Hendri. (2006). Pemasaran Ritel. [Internet], Jakarta. Penerbit Gramedia. Available from : Google Books ( http://books.google.co.id ) diakses pada 1 Februari 2019

Malano, Herman. (2011). Selamatkan Pasar Tradisional : Potret Ekonomi Rakyat Kecil. [Internet], Jakarta. Penerbit Gramedia. Available from : Google Books ( http://books.google.co.id ) diakses pada 1 Februari 2019

Muhammad Suwarsono, (2008). Mariks & Skenario dalam Strategi. Yogyakarta. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Manajemen YKPN

Purwanto, Iwan. (2008). Manajemen Strategi. Bandung. CV. Yrama Widya

Purnawanto, Budy. (2010). Manajemen SDM Berbasis Proses. Pola pikir Baru Mengelola SDM pada Era Knowladge Economy. [Internet], Jakarta. Penerbit Grasindo. Available from : Google Books ( https://books.google.co.id ) diakses pada 13 Desember 2018

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jenis, Karkteristik dan keunggulannya. [Internet], Cikarang. Penerbit Grasindo. Available from: Google Books ( http://books.google.co.id/ ) diakses pada 25 November 2018

Rahmawati, Dian. 2007. Analisis SWOT Dalam Rangka Menentukan Strategi Perusahaan (Studi pada Rumah SAkit “PARU-PARU” Kota Batu”. Skripsi Fakultas Ilmu Administrasi.

Rufaidah, Popy. (2013). Manajemen Strategik. [Internet], Bandung. Penerbit Humaniora. Available from : Google Books ( http://books.google.co.id ) diakses pada 15 Desember 2018

Salatin, Bustanul. 2014. Analisis Portofolio Matriks BCG (Boston Consulting Group) Dalam Menentukan Strategi Yang Tepat Pada PT. BPRS Bumi Rinjani Batu. Skripsi Fakultas Ilmu Administrasi

Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika. [Internet], Surabaya. Airlangga University Press. Available from : Google Books ( http://books.google.co.id ) diakses pada 7 Februari 2019

Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta. Penerbit Erlangga

Sugiarto, (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. Penebit Andi

Sujana Asep, (2005). Paradigma Baru Dalam Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta. Graha Ilmu

Umar, Husein. (2005). Strategic Management in Action. Jakarta. Gramedia

Umar, Husein. (2003). Business An Introduction. [Internet], Jakarta. Penerbit Gramedia. Available from : Google Books ( http://books.google.co.id ) diakses pada 7 Februari 2019

Wahyuandari, Wenni (2013). Analisis Matriks Boston Consulting Group (BCG) Terhadap Perencanaan Portofolio Produk Guna Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Ekonomi. Vol. 1. No. 1

Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. [Internet], Jakarta. Penerbit Kencana. Available from : Google Books ( http://books.google.co.id ) diakses pada 7 Februari 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.