Peranan Qordhul hasan Sebagai Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada PT.Bank Rakyat Indonesia Syariah Kota Batu)

Hidayat Rohman Wahid, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Qordhul Hasan sebagai implementasi dari program Coorporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan masyarakat sekitar BRI Syariah Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan datanya. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif dan triangulasi sebagai tenik keabsahan data penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program CSR yang berbentuk Qordhul Hasan di BRI Syariah Kota batu berjalan dengan baik dan disalurkan berdasar akad Qordhul Hasan dengan syarat-syarat yang telah terpenuhi. Kemudian peranan CSR dalam pemberdayaan masyarakat memang diharapkan oleh kedua belah pihak berjalan sesuai peran yang ada yaitu fasilitatif, edukasional, teknis walaupun wujudnya bermacam-macam. Dengan program Qordhul Hasan yang telah dijalankan BRI Syariah Kota Batu ini, terbukti masyarakat berhasil diberdayakan dengan kemampuan masyarakat yang berdasar indikator-indikator yang diukur oleh pihak BRI Syariah Kota Batu. Kendala dari program CSR ini adalah masih ada beberapa masyarakat yang tidak mau menerima dana Qordhul Hasan dengan alasan yang tidak di spesifikkan secara khusus.


Kata Kunci


Qordhul Hasan, Corporate Social Responsibility, Pemberdayaan Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Antonio, Syafi‟i, 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta : Gema Insani Press.

Afandi, Yazid, 2009. Fiqh Muamalah dan Implementasinya dalam lembaga keuangan. Yogyakarta : Logung Pustaka.

Aziz, ali dan Halim, Suhartini A. 2005. Dakwah Pemberdayaan Masyarakat paradigma Aksi Metodologi. Surabaya : PT.LkiS Pelangi Aksara.

Batukota.bps.go.id(https://batukota.bps.go.id/menu/4/regristrasi-penduduk-.html). Diakses pada tanggal 15 Juni 2019 pukul 17.11 WIB.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Peneltian Kualitatif. Surabaya : Rajawali press.

Hadi, Nor. 2014. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha ilmu.

Ife, Jim dan Frank, Tesoriero. 2014 Community Development, Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Malangvoice.com (https://malangvoice.com/kota-batu-raih-angka-perekonomian-tertinggi/) Diakses pada tanggal 11 Juni 2019 pukul 15.11 WIB.

Muhammad, 2004. Tehnik perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin pada Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Muhammad Bilal, 2017. Optimalisasi Produk Qordhul Hasan Sebagai Optimalisasi Produk CSR pada Baitul Maal Tumang dalam Rangka Pengetasan Program Kemiskinan. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Muslehuddin, Muhammad, 2004. Sistem Perbankan dalam Islam. Jakarta : Rineka Cipta.

Nanda suryadi dan Yusmila Rani Putri. 2018 Analisis Penerapan pembiayaan Qardhul hasan Berdasarkan PSAK Syariah pada BMT Al Ittihad Rumbai

Pekanbaru. Jurnal Islamic Banking and Finance. 1(1): 1-14.

Nasirin dan Alamsyah, 2010. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Good Governance. Malang : INDO-PRESS.

Rahardjo, Mudjia. 2010. Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif. [Internet]. Tersedia Di : https://www.uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html [Diakses pada tanggal 1 April 2019].

Rahman, Reza, 2009. Corporate Social Responsibility antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta : MedPress.

Rusdianto, Ujang. 2014. Cyber CSR a Guide To CSR Communication on Cyber Media. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sunyoto, Usman, 2004. Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Supardi, 2005. Metodologi penelitian ekonomi dan bisnis Yogyakarta : UII Press.

Supriyadi, Ahmad, 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kudus : STAIN Kudus Press.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas

BRIyariah.co.id (https://www.brisyariah.co.id/tentang_csr.php?f=aboutCSR) Diakses pada tanggal 10 Juni 2019 pukul 09.00 WIB

Wiratha, Made. 2011. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Yusuf, Muhammad, 2017. Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR). Depok : Kencana.

Zaenurulloh, Dkk, 2005. Pertumbuhan Ekonomi Kota Batu sebagai Daerah Otonom BaruThe Economic Growth of Batu City as a New Autonomous Region. E-SOSPOL Jurnal. 1(2) : 12-18


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.