PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFORMING LOAN TERHADAP PENYALURAN KREDIT BANK (STUDI PADA BANK BRI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2017)

hilda eka wahyunita, rini rahayu kurniati, daris - zunaida

Sari


Bank adalah suatu lembaga keuangan yang befungsi sebagai perantara keuangan. Sektor perbankan memegang peranan yang sangat penting dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi Nasional. Kemampuan Bank dalam memberikan saluran kredit tentu memperhatikan faktor-faktor yang yang harus dipertimbangkan diantaranya seperti, Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) terhadap penyaluran kredit yang di berikan oleh Bank BRI pada Tahun 2009-2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda, uji kelayakan model (uji f), uji hipotesis (uji t), koefisien determinasi, serta menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara simultan Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit yang di berikan oleh Bank, (2) Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit Bank, (3) Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) tidak berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit Bank.

Kata Kunci


DPK, CAR, NPL, Kredit

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ade Arthesa & Edia Hadiman. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: PT INDEKS Gramedia.

Agus dan Nano. 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi &Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews). Jakarta: Rajawali Pers.

Billy Arma Pratama. 2010. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Penyaluran Kredit Perbankan (Studi pada Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2005-2009). Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Dahlan Siamat. 1999. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Dias Satria. 2009. Ekonomi Uang dan Perbankan. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Fitri. 2014. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, CAR, ROA, NPL, dan Suku Bunga SBI Terhadap Penyaluran Kredit Studi Pada Bank Umum yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2009-2013.

http://www.IDX.co.id

http://www.kontan.co.id/03/12/2017.News.keuangan-bank-bri

http://www.tempo.co/20/04/2017.bisnis-rasio-kecukupanmodal-bank-bri

http://www.m.cnnindonesia.com/25/01/2018.ekonomi-kredit-bermasalah-bank-bri

http://www.sindonews.com/24/01/2018.pertumbuhan-penyaluran-kredit-bank-bri

Husein Umar. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Imam Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.______. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.

Lidya Mukharomah Parmawati. 2015. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Tingkat Suku Bunga Kredit, Capital Adequacy Ratio(CAR), Non Performing Loan(NPL) Dan Return On Assets (ROA) Terhadap Penyaluran Kredit Bank Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk Cabang Surakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lukman Dendawijaya. 2005. Manajemen Perbankan. Bogor: Ghalia Indonesia.__________________. 2009. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mandala Manurung & Prathama Rahardja. 2004. Uang, Perbankan, dan Ekonomi Moneter. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mudrajad Kuncoro, Suhardjono. 2002. Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Purbayu Budi Santosa. 2007. Satatistika Deskriptif. Semarang: Erlangga

Satrio. 2017. Analisis Pengaruh NIM, NPL, BOPO, BI RATE, dan CAR Terhadap Penyaluran Kredit Bank Umum Go Public Periode Tahun 2012-2016. Jurnal ejournal-s1.undip.ac.id Vol.6, No 4.

Sugiono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas_______. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Supangat.2006. Statistika Untuk Ekonomi & Bisnis.Bandung Pustaka.

Supriyanto dan Mahmudz. 2010. Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya. Malang: UIN MALIKI Press

Yogi. 2014. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, dan Suku Bunga Pinjaman Terhadap Penyaluran Kredit Modal Kerja, Investasi dan Konsumsi Bank Pembangunan Daerah Periode 2003-2013.

Zulcha. Januari 2016. Pengaruh DPK, NPL, dan CAR Terhadap Jumlah Penyaluran Kredit Perbankan Persero (Studi pada Bank Persero di Indonesia Periode 2009-2014). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.5, No.1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.