ANALISIS PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN VALUE ADDED DENGAN PEMANFAATAN UDANG SEBAGAI PRODUK OLAHAN (STUDI KASUS PADA UD. AGUNG JAYA GRESIK)

Anita Astini Hidayah, Siti - Saroh, ratna nikin hardati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi pemasaran dalam pemanfaatan udang sebagai produk olahan serta mengetahui nilai tambah (value added) pada olahan udang yang dijadikan sebagai petis udang pada UD. Agung Jaya Gresik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik obesevasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif dengan melalui alur kegiatan yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi produk yang ada pada UD. Agung Jaya Gresik yaitu tetap memperhatikan kualitas produk yang menjamin mutu terbaik, serta penampilan yang menarik guna mempengaruhi konsumen untuk membelinya. 2) Strategi harga lebih menetapkan harga jual yang sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha sendiri serta melakukan kalkulasi harga yakni dengan membandingkan harga bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi. 3) Strategi promosi yang dilakukan pada UD. Agung Jaya Gresik yaitu dengan menggunakan personal selling dan publisitas. 4) UD. Agung Jaya Gresik pada saluran distribusinya yakni menjual langsung ke konsumen dan ke para tengkulak yang sudang menjadi langganan tempat usaha. 5) Value added (nilai tambah) yang ada pada UD. Agung Jaya Gresik ini adalah adanya bahan baku dalam proses produksi.

Kata Kunci


Strategi Pemasaran, Value Added, Petis Udang

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Cetakan Ke Lima Belas. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hair, Lamb, MCDaniel. 2001. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip, Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Moleong, Lexy, J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi Cetakan Keduapuluh. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: Buku Seru.

Sutawi. 2002. Manajemen Agribisnis. Bayu Media.

Tarigan, Robinson. 2005. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Anna Kartika Ngamel. 2012. Analisis Finansial Usaha Budidaya rumput Laut dan Nilai Tambah tepung Karaginan di Kecamatan kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara.

Alwi Ma’arif. 2005. “Pelaksanaan Strategi Perusahaan Dalam Usaha Pengmbangan Usaha Kecil”

Giska Risky Aulia. 2012. Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Usaha Industri Tahu di Kota Medan.

Herlina Tarigan. 2007. Peningkatan Nilai Tambah Melalui Peningkatan Agroindustri pisang Di Kabupaten Lumajang.

Muhammad Yusuf. 2007. “Kajian Pemasaran Dan Pengembangan Value Added Product Dengan Pemanfaatan Rajungan Menjadi Produk Olahan”.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.