KUALITAS PELAYANAN PEGADAIAN DALAM MENGHADAPI PESAING (STUDI PADA PT. PEGADAAN PERSERO CABANG DESA PASEAN KEC. PASEAN KAB. PAMEKASAN MADURA)

Ria Purnama Sari, Siti - Saroh, Daris - Zunaida

Sari


Kualitas pelayanan merupakan karakteristik yang harus disediakan perusahaan berupa jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan agar pelanggan tetap menjaga loyalitas kepada perusahaan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk Mengetahui gambaran kualitas pelayanan yang ada pada PT. Pegadaian Persero Cabang Pasean (2) Mengetahui usaha perusahaan dalam mempertahankan kualiatas pelayanan dalam menghadapi pesaing. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik pengambilan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil temuan-temuan dalam penelitian ini yaitu gambaran kualitas pelayanan PT. Pegadaian Persero Cabang Desa Tlonto Raja Kecamatan Pasean Kab. Pamekasan, dan usaha perusahaan dalam menghadapi pesaing. sedangkan Hasil dari penelitian ini bahwa kualitas pelayanan PT. Pegadaian Persero Cabang Desa Tlonto Raja Kecamatan pasean Kabupaten Pamekasa dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. PT. Pegadaian Persero cabang Pasean meningkatkan kualitas pelayanan untuk menghadapi pesaing, dengan hal ini PT. Pegadaian Persero memiliki strategi yaitu program yang harus dilakukan oleh perusahaan yaitu harga, kualitas pelayanan dan fasilitas. Dalam menghadapi pesaing Perusahaan memberikan layanan pelengkap berupa, pegadaian digital serivice, PT. Pegadaian Persero cabang Pasean juga menyediakan bisnis agen yang terdiri dari, agen pemasaran, agen gadai, dan agen pembiayaan.


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan dalam Menghadapi Pesaing

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta

Assauri, Sofian, 1999, Manejemen Produksi dan Operasi. Jakarta

Indriantoro, dan Supomo, 2002, Metodologi Penelitian Untuk Akuntansi dan Manajemen

Kotler, Philip, 1995, Manajemen Pemasaran, Salemba Empat. Jakarta

Kristi, Poerwandari, 2005, Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Perilaku Manusia

Lexy J. Moleong, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Lovelock, Chistoper H Lauren K Wright, 2011, Manajemen Pemasaran Jasa (Terjemah) PT. Indeks (Gramedia Group). Jakarta

Lupiyoadi R, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta PT. Salemba Empat

Sugiarto, Endar, 2003, Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sumarni, Murti, 1997, Marketing Perbankan. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta

Supranto, Johane, 2001, Pengukuran Keputusan Pelanggan. Jakara. PT. Rineja Cipta

Wahyudi, 1997, Manajemen Strategik, Binarupa Aksara. Jakarta

Yazid, 2003, Pemasaran Jasa, Cetakan ke 2. Yogyakarta

www.spengetahuan/com/2015/pengertianpegadaian

www.infoalamat.com/topik/pegadaian

www.pegadaian.co.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.