PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA KULINER KOPI PRINGGITAN SINGADERMA

Muhammad Ferdian Maulana, Rini Rahayu Kurniati, Karina Utami Anastuti

Sari


Kontribusi ekonomi kreatif terhadap peningkatan pendapatan usaha kuliner Kopi Pringgitan Singaderma dikaji dalam penelitian ini. Dengan mengkaji sejumlah indikator yang terdapat pada ekonomi kreatif, penelitian ini berupaya mengetahui bagaimana kontribusi ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan pendapatan industri kopi. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Terjun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan cara peneliti mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bagaimana ekonomi kreatif berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan Perusahaan Kopi Pringgitan Singaderma dan bagaimana pendapatan perusahaan dipengaruhi oleh ekonomi kreatif. Karena ekonomi kreatif memenuhi beberapa kriteria 6 dari 8 kriteria ekonomi kreatif diyakini berkontribusi terhadap pendapatan bisnis yang lebih tinggi. Pendapatan yang diperoleh usaha ini terus naik dari tahun ke tahun. Meskipun pendapatan terus naik, usaha ini harus terus berkembang hingga memenuhi kedelapan indikator peran ekonomi kreatif sehingga pendapatan yang diperoleh juga akan terus meningkat.

Kata Kunci


Ekonomi Kreatif, Pendapatan, Usaha Kuliner

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayodya Wulan. 2020. UMKM 4.0 Strategi UMKM Memasuki Era Digital 4.0. Jakarta, PT Elex Media Kumputindo Kelompok Gramedia.

Badan Pusat Statistik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Statistik Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020. Jakarta, Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dwisyahesti, M., dan Marthalena, S. 2018. Provinsi Jawa Timur dalam Angka 2018. Dalam Y. W. Tjahjo, N. Dwisyahesti, dan S. Marthalena, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (Vol xxxiiiv, Hal. 404). BPS Provinsi Jawa Timur.

Sadono Sukirno. (2006). Teori Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta, Rajagrafindo Persada.

Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta, Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung, ALFABETA.

Ruslan Rosady. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi Edisi 1. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Pusat Data dan Sistem Informasi. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020. Jakarta, Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.