MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT MELALUI ANALISIS SWOT (Studi pada Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang)

Puteri Armilah Nabila, Sri Nuringwahyu, Eny Widayawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal perusahaan, portofolio perusahaan dan menentukan strategi pemasaran yang tepat pada Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang. Jenis penelitian ini menggunakan model sequential exploratory dan metode yang digunakan mix method atau metode campuran. Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan faktor eksternal diantarnya yaitu: kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mempengaruhi Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang dalam menentukan portofolio perusahaan serta menganalisis strategi pemasaran. Sumber data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi. Pada analisis data kualitatif dalam penelitian ini melalui wawancara kepada informan yang telah ditentukan untuk menentukan faktor internal dan faktor eksternal perusahaan dalam merancang matriks SWOT.

            Pada analisis data kuantitatif dalam penelitian ini berdasarkan analisis data kualitatif yang telah dilakukan pembobotan serta rating di setiap indikatornya dalam menentukan matriks IFAS dan matriks EFAS yang hasilnya digunakan untuk menentukan titik potong sumbu (X,Y) dalam membuat kuadran SWOT guna mengetahui posisi perusahaan saat ini dan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang bahwa terdapat beberapa faktor yang memberikan dampak strategi pemasaran, seperti:1) Daya tarik wisata yang sangat indah, 2) Harga tiket masuk yang terjangkau, 3) fasilitas yang cukup memadai, 4) lokasi yang strategis. Matriks faktor internal menunjukkan nilai positif (+) karena nilai kekuatan lebih besar dari pada kelemahannya (S = 0,53 ≥ W = 0,47), sedangkan matriks faktor eksternal juga menunjukkan nilai positif (+) karena nilai peluang lebih besar dari pada nilai ancaman (O = 0,54 ≥ T = 0,46). Kondisi internal eksternal yang positif maka arah kebijakan yang tepat dilaksanakan pada kondisi ini yaitu “Growth Strategy†atau strategi pertumbuhan yang ada pada Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang seperti pengembangan layanan, pemasaran dan juga promosi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Rahman R., Enny Radjab. Manajemen Strategi. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2016.

Ali, N., Raya, U. P., Fransiska, P., Pratiwi, P., & Raya, U. P. (2020). Abdimas lintas kampus untuk indonesia (Issue November)

Kotler, Philip. & Amstrong, Gary (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Salemba Empat: Jakarta

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media

Nazarudin. (2018). Manajemen Strategik. Palembang: Noer Fikri Offset

Pearce II, Jhon A. dan Richard B. Robinson, Jr., (1997) “Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalianâ€. Edisi pertama, diterjemahkan oleh Ir. Agus Maulana MSM., Jakarta: Binarupa Aksara

Pearce II, Jhon A. Ricard B. Robinson Jr.(2013). Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Terj. Nia Pramita Sari.Jakarta : Salemba Empat Alfabeta

Wijayati, H. (2019). Panduan Analisis SWOT Untuk Kesuksesan Bisnis. Yogyakarta:Anak Hebat Indonesia

Yatminiwati, M. (2019). Manajemen Strategi. Buku Ajar Perkuliahan Bagi Mahasisawa, Lumajang. Widyagama Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.