PENGARUH PROMOSI, FASILITAS, AKSESIBILITAS, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (STUDI PADA OBJEK WISATA BANYUURIP MANGROVE CENTER GRESIK)
Sari
ABSTRAK
      Riset bermaksud melihat imbas promosi, fasilitas, aksesibilitas, kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung. Riset memanfaatkan kaidah kuantitatif. Kaidah penghimpunan akan riset dengan teknik simple random sampling sebanyak 172 informan, penelaah riset dijalankan dengan SPSS 26. Cara menelaah riset dengan uji instrument penelitian, pengujian hipotesis klasik, analisis regresi linier netral, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi.
          Perolehan riset mempertunjukkan bahwasannya (1) promosi mempunyai dampak menguntungkan sehubungan keputusan berkunjung. (2) Fasilitas mempunyai dampak menguntungkan sehubungan keputusan berkunjung. (3) Aksesibilitas mempunyai dampak menguntungkan sehubungan keputusan berkunjung. (4) Kualitas pelayanan mempunyai dampak menguntungkan sehubungan keputusan berkunjung. (5) Secara bersamaan promosi, fasilitas, aksesibilitas, kualitas pelayanan mempunyai dampak menguntungkan sehubungan keputusan berkunjung.
Kata Kunci: Promosi, Fasilitas, Aksesibilitas, Kualitas Pelayanan, Keputusan Berkunjung
Â
ABSTRACT
      The research aims to see the impact of promotions, facilities, accessibility, service quality on the decision to visit. Research utilizes quantitative principles. The rules for collecting research using a simple random sampling technique were 172 informants, research reviewers carried out using SPSS 26. How to examine research by testing research instruments, classical hypothesis testing, neutral linear regression analysis, hypothesis testing, and coefficient of determination.
          Research findings show that (1) promotions have a beneficial impact on visiting decisions. (2) Facilities have a beneficial impact on the decision to visit. (3) Accessibility has a beneficial impact on the decision to visit. (4) Service quality has a beneficial impact on the decision to visit. (5) Simultaneously promotion, facilities, accessibility, service quality have a beneficial impact on the decision to visit.
Keywords: Promotion, Facilities, Accessibility, Service Quality, Visiting Decision
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2023). Statistik Kunjungan Wisatawan Kabupaten Gresik 2023. Gresik: Badan Pusat Statistik Pemerintah Kabupaten Gresik.
Anonim. (2017). Kelompok Sadar Wisata Banyuurip Ujungpangkah Gresik. Gresik: Pemerintah Desa Banyuurip.
Chomariyah, Umi Nur & Liliyan, Aditya (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Fasilitas, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Umbul Ponggok. Jurnal Pijar Studi Manajemen dan Bisnis. 1(3), 342-355
Dewi, K., Sudirman, I., & Andriani, R. (2021). Pengaruh Service Excellence, Aksesibilitas, dan Word of Mouth (WOM) terhadap Minat Wisatawan serta Implikasinya terhadap Keputusan Kunjungan Wisata Halal di Kabupaten Bandung Barat. Media Wisata, 19(2), 154–166.
Donargo, Sepdwiyana. dkk. (2022). Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Kesawan Kota Medan. Jurnal Creative Agung. 12(2), 149-167.
Eichorn, V., & Buhalis, D. (2010). Accessibility: A Key Objective for the Tourism Industry. Accessible Tourism: Concepts and Issues, December, 46– 61.
Febriyanti. dkk. (2023). Manajemen Pengambilan Keputusan. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia Anggota IKAPI Jawa Barat.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Karmila, M. Siti. dkk. (2023). Pengaruh Promosi dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Prianka Gallery Tasikmalaya). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Manajemen: 2(3), 257.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2017). Principle of Marketing (Global edition). 17th Edition. New Jersey: Pearson Education Limited.
Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Riyanto, Slamet. dkk. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen.: Deepublish
Sahrun. Qomariyah, Emi & Febriyah, Anisya. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Schiffman, Leon G., dan Kanuk, Leslie Lazar. (2009). Perilaku Konsumen. Alih bahasa Zulkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks Group Gramedia.
Sidabutar, Y. Seminari. Rismawati, & Yunita, Enda. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Wisata Pantai Indah Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Manajemen, 3(2), 221-223.
Soekadijo, R.G. (2003). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Jakarta: PT. Pradaya Paramita.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Edisi 2. Bandung: IKAPI.
Sumayang, Lalu. (2003). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sunyoto & Setiawan. (2013). Statistik Kesehatan Parametrik, Non Paramatrik, Validitas, dan Reliabilitas. Jakarta: Nuha Medika.
Suryaningsih, I. Barokah. dkk. (2020). Manajemen Pemasaran Pariwisata dan Indikator Pengukuran. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Widjianto, Tresna. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keptusuan Berkunjung Kembali Wisatawan di Objek Wisata Ketep Pass. Jurnal Manajemen, 1(2) 80-81.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.