PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, BUDAYA ORGANISASI, KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA ORGANISASI (Studi Kasus Pada Koperasi Unit Desa Pakis Malang)

Erlina Dwi Antika, Dadang Krisdianto, Karina Utami Anastuti

Sari


ABSTRAK

Tujuan riset ini adalah untuk (1) mengevaluasi dan menilai pengaruh kualitas sumber daya manusia KUD Pakis Malang. (2) Evaluasi dan pemeriksaan pengaruh budaya organisasi KUD Pakis Malang. (3) Evaluasi dan penelitian tentang pengaruh manajemen pengetahuan di KUD Pakis Malang. (4) Menilai dan mengevaluasi pengaruh budaya organisasi, manajemen pengetahuan, dan kualitas sumber daya manusia terhadap KUD Pakis Malang. Studi semacam ini menggunakan pendekatan kuantitatif, mengumpulkan data melalui observasi dan kuesioner. Empat puluh orang membentuk populasi dan ukuran sampel dalam penyelidikan ini. Gunakan alat perangkat lunak SPSS, versi 26, untuk melakukan pemindaian. Validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis klasik, dan pengujian hipotesis digunakan dalam proses analisis data.

 

ABSTRACTThe purpose of this research is to (1) evaluate and assess the impact of the human resource quality at KUD Pakis Malang, (2) evaluate and examine the impact of the organizational culture at KUD Pakis Malang, (3) evaluate and investigate the impact of knowledge management at KUD Pakis Malang, and (4) assess and evaluate the combined impact of organizational culture, knowledge management, and human resource quality on KUD Pakis Malang. This study employs a quantitative approach, collecting data through observations and questionnaires. Forty individuals comprise the population and sample size in this investigation. The SPSS software, version 26, is used for analysis. The data analysis process involves validity and reliability testing, multiple linear regression analysis, classical hypothesis testing, and hypothesis testing

Kata Kunci


Kualitas Sumber Daya, Budaya Organisasi, Knowledge Management, Kinerja Organisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

IGI Global. 2018. Global Business Expansion: Concepts, Metodologies, Tools, and Applications. Google Book. Diakses pada 16 Desember 2023 dari

North, Kumta. 2018. Knowledge Management. Google Book. Diakses Pada 1 Januari 2024 dari

Sari, dkk. 2023. Tranformasi Digital Marketing 5.0. Google Book. Diakses pada 16 Desember 2023 dari

Sedarmayanti, dkk. 2021. Knowledge Mana gement. Google Book. Diakses Pada 25 Desember 2023 dari

Silahi, 2021. Buku Referensi Intellectual Capital. Google Book. Diakses pada 4 Januari 2024 dari

Sulaksono Hari. 2015. Budaya Organisasi dan Kinerja. Google Book. Diakses pada 16 Desember 2023 dari

Supriyadi. 2023. Manajemen & Evaluasi Kinerja Organisasi. Google Book. Diakses Pada 15 Desember 2023 dari

Supriyanto, Yuliana, Suparman, dkk. 2023. Pengantar Perilaku Organisasi. Google Book. Diakses Pada 11 Januari 2024 dari

Suryani, FoEh. 2018. Kinerja Organisasi. Google Book. Diakses pada 1 Januari 2024 dari

Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Google Book. DIakses pada 4 Januari 2024 dari

Widyani, A. Agung Dwi. 2015. Knowledge Management dalam Perpspektif Tri Kaya Parisuda serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Pengurus Koperasi. Juima, 5(2), 1–16.

Zahruddin, Supriyadi, Wahyuningsih Sri. 2021. Gaya Kepemimpinan & Kinerja Organisasi. Google Book. Diakses pada 15 Desember 2023 dari


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.