ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN STORE MS GLOW TUREN
Sari
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi pemasaran untuk store MS Glow Cabang Turen. Metode yang digunakan yaitu mix method dengan model Sequential Eksploratory Design. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan kuesioner dengan teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store MS Glow Turen berada pada kuadran 1 dengan strategi pertumbuhan/growt oriented strategy dan strategi pemasaran yang sesuai berupa strategi SO (Strenght-Opportunity). Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran
ABSTRACT Formulating a marketing strategy for the MS Glow Turen store based on SWOT analysis is the goal of this research. The method used is a mix method with the Sequential Exploratory Design. Data collection techniques used were observation, interviews and questionnaires with qualitative data analysis techniques using the Miles and Huberman model and quantitative data analysis techniques using SWOT analysis. The results showed that the store MS Glow Turen is in quadrant 1 with a growth oriented strategy with the appropriate marketing strategy in the form of SO (Strenght-Opportunity) strategy. Keyword: SWOT Analysis, Marketing Strategy, Marketing Mix
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTKA
Annur, C. M. (2024, Januari Kamis).
databooks.katadata.co.id. Diambil kembali
dari
https://databoks.katadata.co.id/tapublish/20
/01/11/perawatan-dan-k ecantikan-
Aminarti, Zunaida, Chanafi – Analisis SWOT Sebagai Dasar Permusan Strategi… |257
kategori-fmcg-terlaris-di-e-commerce-ri2023
Diyanti, R. (2023, Oktober Kamis).
adev.co.id. Diambil kembali dari
https://adev.co.id/bisnis/bisnis-skincare/
Djakaria, R. H. (2022). Analisis SWOT
Dalam Merumuskan Strategi
Pemasaran Pada Hotel Grand Q
Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen
dan Bisnis.
Fawzi, A. S. (2022). Strategi Pemasaran
Konsep, Teori dan Implementasi.
Tanggerang Selatan: Pascal Book.
Handayani, A. E. (2021). Buku Ajar
Manajemen Strategis. Surakarta:
UNISRI Press.
Jakpat. (2022). Beauty Trends. Jakpat.net.
Jakpat. (2023). Beauty Trends Makeup &
Skincare 2023. Jakpat.net.
Kosasih. (2021). Manajemen Strategik.
Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Mutia, A. (2022, 12 5). Makin Meroket,
Pendapatan Produk Kecantikan dan
Perawatan Diri di RI Capai
Rp111,83 Triliun pada 2022.
Retrieved from
Databoks.katadata.co.id:https://datab
oks.katadata.co.id/datapublish/2022/
/05/makin-meroket-pendaatanproduk-kecantikan-dan-perawatandiri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada2022
Rangkuti, F. (2005). Analisis SWOT Teknik
Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Ritonga, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen
Strategi (Teori dan Aplikasi).
Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
Kombinasi (Mix Method). Bandung:
Alfabeta, CV.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.