ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN STORE MS GLOW TUREN

Dhini Aminarti, Daris Zunaida, Ainul Chanafi

Sari


ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi pemasaran untuk store MS Glow Cabang Turen. Metode yang digunakan yaitu mix method dengan model Sequential Eksploratory Design. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan kuesioner dengan teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store MS Glow Turen berada pada kuadran 1 dengan strategi pertumbuhan/growt oriented strategy dan strategi pemasaran yang sesuai berupa strategi SO (Strenght-Opportunity). Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran

ABSTRACT Formulating a marketing strategy for the MS Glow Turen store based on SWOT analysis is the goal of this research. The method used is a mix method with the Sequential Exploratory Design. Data collection techniques used were observation, interviews and questionnaires with qualitative data analysis techniques using the Miles and Huberman model and quantitative data analysis techniques using SWOT analysis. The results showed that the store MS Glow Turen is in quadrant 1 with a growth oriented strategy with the appropriate marketing strategy in the form of SO (Strenght-Opportunity) strategy. Keyword: SWOT Analysis, Marketing Strategy, Marketing Mix


Kata Kunci


Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTKA

Annur, C. M. (2024, Januari Kamis).

databooks.katadata.co.id. Diambil kembali

dari

https://databoks.katadata.co.id/tapublish/20

/01/11/perawatan-dan-k ecantikan-

Aminarti, Zunaida, Chanafi – Analisis SWOT Sebagai Dasar Permusan Strategi… |257

kategori-fmcg-terlaris-di-e-commerce-ri2023

Diyanti, R. (2023, Oktober Kamis).

adev.co.id. Diambil kembali dari

https://adev.co.id/bisnis/bisnis-skincare/

Djakaria, R. H. (2022). Analisis SWOT

Dalam Merumuskan Strategi

Pemasaran Pada Hotel Grand Q

Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen

dan Bisnis.

Fawzi, A. S. (2022). Strategi Pemasaran

Konsep, Teori dan Implementasi.

Tanggerang Selatan: Pascal Book.

Handayani, A. E. (2021). Buku Ajar

Manajemen Strategis. Surakarta:

UNISRI Press.

Jakpat. (2022). Beauty Trends. Jakpat.net.

Jakpat. (2023). Beauty Trends Makeup &

Skincare 2023. Jakpat.net.

Kosasih. (2021). Manajemen Strategik.

Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Mutia, A. (2022, 12 5). Makin Meroket,

Pendapatan Produk Kecantikan dan

Perawatan Diri di RI Capai

Rp111,83 Triliun pada 2022.

Retrieved from

Databoks.katadata.co.id:https://datab

oks.katadata.co.id/datapublish/2022/

/05/makin-meroket-pendaatanproduk-kecantikan-dan-perawatandiri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada2022

Rangkuti, F. (2005). Analisis SWOT Teknik

Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Ritonga, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen

Strategi (Teori dan Aplikasi).

Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian

Kombinasi (Mix Method). Bandung:

Alfabeta, CV.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.