PENGARUH ENDORSEMENT, CITRA MEREK DAN TESTIMONI KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA MS GLOW MALANG (STUDI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM MS GLOW OFFICIAL DISTRIBUTOR MALANG)

Anis Sulalah, Ratna Nikin Hardati, Karina Utami Anastuti

Sari


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis endorsement terhadap minat pembelian, Mengidentifikasi dan memeriksa pengaruh citra merek terhadap minat pembelian ,memahami dan menganalisis pengaruh testimoni konsumen terhadap minat pembelian, menguji dan menganalisis pengaruh endorsement, citra merek dan testimoni konsumen terhadap minat pembelian pada MS Glow Official Distributor Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam riset ini yaitu metode penelitian kuantitaf. Teknik pengumpulan data menggunakan metode probability sampling, dengan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa endorsement (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian (Y) dengan nilai uji t hitung > t tabel (3,581 > 1,984), Citra merek (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian (Y) dengan nilai uji t hitung > t tabel (2,742 > 1,984) dan Testimoni Konsumen (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian (Y) dengan nilai uji t hitung > t tabel (13,530 > 1,984). Secara simultan endorsement, citra merek dan testimoni konsumen berpengaruh minat pembelian dengan nilai uji F hitung > F tabel (190.627 > 2,70) dan nilai. F > 0,005 (0,000 < 0,50). Kata Kunci : Endorsement, Citra Merek, Testimoni Konsumen, Minat Pembelian

ABSTRACT This research aims to test and analyze endorsements on purchase interest, identify and examine the influence of brand image on purchase interest, understand and analyze the influence of consumer testimonials on purchase interest, test and analyze the influence of endorsements, brand image and consumer testimonials on purchase interest at MS Glow Official Malang Distributor. The type of research used in this research is quantitative research methods. The data collection technique uses a probability sampling method, with a random sampling technique with a sample of 100 respondents. The research results show that Endorsement (X1) has a significant positive effect on Purchase Interest (Y) with a calculated t test value > t table (3.581 > 1.984), Brand image (X2) has a significant positive effect on Purchase Interest (Y) with a calculated t test value > t table (2.742 > 1.984) and Consumer Testimonials (X3) have a significant positive effect on Purchase Interest (Y) with a calculated t test value > t table (13.530 > 1.984). Simultaneously endorsement, Brand Image and Consumer Testimonials influence Purchase Interest with calculated f test value > f table (190,627 > 2.70) and value. F > 0.005 (0.000 < 0.50). Keywords: Endorsement, Brand Image, Consumer Testimonials, Purchase Interest


Kata Kunci


Endorsement, Citra Merek, Testimoni Konsumen, Minat Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aripin, Z. (2021). Marketing Manajemen.

Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Astuti, M. S. (2022). Strategi Pemasaran

Digital dan Perilaku Teknologi

Pada Society 4.0. Yogyakarta: CV.

Budi Utama.

Baser, G. S. (2023). Komunikasi Digital

Dalam Bingkai Riset. Jawa

Tengah: CV. Amerta Media.

Damaya. (2018). Super Student Preneur.

Yogyakarta : Laksana.

Dewi, L. C. (2022). Pemasaran Kreatif

Untuk Segala Bisnis. Yogyakarta :

CV. Budi Utama.

Sulalah, Hardati, Anastuti – Pengaruh Endorsement, Citra Merek, dan Testimoni… |246

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis

Multivarate dengan Program IBM

SPSS 25 . Semarang : Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, F. (2020). Metode Riset Bisnis.

Madura: UTM PRESS.

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan

Konsumen Studi Terhadap Word

Of Mouth, Kulitas Layanan dan

Citra Merek . Banten : Bitang

Sembilan Visitama.

Musman, N. (2021). Copywriting Melejit

Jualan Online Dengan Kalimat

Yang Membujuk . Yogyakarta:

Anak Hebat Indonesia.

Nabahan, W. M. (2023, 07 24). Perubahan

Industri Kecantikan Ditompang

Impor Bahab baku . Retrieved

from Retrieved From Kompas:

http://www.kompas.id/baca/ekono

mi/2023/07/23/pertumbuhanindustri-kecantikan-ditopangimpor-bahan-baku

Saputri, M. E. (2023). Pengantar

Manajemen Pemasaran. Bali : CV.

Intelektual Manifes Media.

Setyadi, A. (2020). Kewirausahaan

Perencanaan Bisnis Di era Digital .

Jakarta : Mitra Wacana Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.