ANALISIS MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI DALAM BERSAING (STUDI KASUS PADA PT.FKS FOOD SEJAHTERA TBK)

Putri Nur Azizah, Sri Nuringwahyu, Eny Widayawati

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi yang dapat diterapkan PT. FKS Food Sejahtera Tbk untuk bersaing dalam industri makanan dan minuman. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini akan mempelajari posisi pangsa pasar dan tingkat pertumbuhan pasar PT. FKS Food Sejahtera Tbk pada tahun 2022. Selanjutnya, penelitian ini akan menentukan posisi portofolionya dalam Matriks Boston Consulting Group (BCG). Metodologi penelitian bersifat kuantitatif, deskriptif. Data sekunder, seperti angka pendapatan atau penjualan dari laporan laba rugi perusahaan, berfungsi sebagai sumber data penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sementara PT. FKS Food Sejahtera Tbk. memiliki tingkat pertumbuhan pasar yang cukup tinggi sebesar 12,9%, PT. FKS Food Sejahtera Tbk. memiliki posisi pangsa pasar yang relatif rendah, dengan nilai di bawah 1, khususnya (0,0166358881 < 1). Berdasarkan temuan tersebut, PT. FKS Food Sejahtera Tbk. pada tahun 2022 berada di kuadran I Matriks BCG, atau kuesioner. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menciptakan strategi seperti penciptaan produk, penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan divestasi. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, PT. FKS Food Sejahtera Tbk. juga dapat mengembangkan strategi kompetitif yang melibatkan penurunan biaya produksi, meningkatkan atau memodifikasi keunggulan produk, dan mempersempit target pasarnya ke kelas menengah ke bawah sambil mempertahankan posisi biaya rendah (fokus biaya).

Kata Kunci : Boston Consulting Group (BCG), Perencanaan Strategi, Strategi Bersaing

ABSTRACT

The purpose of this research is to identify strategies that PT FKS Food Sejahtera Tbk can implement to compete in the food and beverage industry. To achieve this research will study the market share position and market growth rate of PT FKS Food Sejahtera Tbk in 2022. Furthermore, this research will determine the portfolio position in the Boston Consulting Group (BCG) Matrix.. The research methodology is quantitative and descriptive. Secondary data, such as revenue or sales figures from the company's income statement, serves as the source of research data. The research findings indicate that while PT. FKS Food Sejahtera Tbk. has a fairly high market growth rate of 12.9%, it has a relatively low market share position, with a value below 1, specifically (0.016 < 1). Based on these findings, PT. FKS Food Sejahtera Tbk. in 2022 is in quadrant I of the BCG Matrix, or the question mark. This allows the business to create strategies such as product creation, market penetration, market development, and divestment. To gain a competitive advantage, PT. FKS Food Sejahtera Tbk. can also develop competitive strategies involving lowering production costs, enhancing or modifying product advantages, and narrowing its target market to the lower-middle class while maintaining a low-cost position (cost focus).

Keywords: Boston Consulting Group (BCG), Planning Strategy, Competitive Strategy


Kata Kunci


Boston Consulting Group (BCG), Perencanaan Strategi, Strategi Bersaing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aditama, Roni Angger & Mohammad Rofiudin. (2020). Pengantar Bisnis.

Malang: AE Publishing. Available from: Google Books

(http://books.google.co.id) diakses pada 16 Oktober 2023

Aditama, Roni Angger. (2019). Manajemen Strategi. Malang: AE Publishing. Available from: Google Books (http://books.google.co.id) diakses pada 18 Mei 2023

Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Makassar: Nas Media Pustaka. Available from: Google Books (http://books.google.co.id) diakses pada 19 Oktober 2023

Annur, Cindy Mutia. (2023). Penduduk Indonesia Tembus 278 Juta Jiwa Hingga Pertengahan 2023. Databoks.katadata.co.id [Internet], 10 Oktober 2023. Available from: [Accesed 10 Oktober 2023]

Badan Pusat Statistik (2022). Berita Resmi Statistik. Jakarta, Badan Pusat Statistik (BPS)

Data Industri. (2023). Data Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman 2011-2023. Dataindustri.com [Internet], 12 Oktober 2023. Available from: [Accesed 12 Oktober 2023]

IDN Financials. (2023). Data Perusahaan Makanan dan Minuman di Indonesia. Idnfinancials.com [Internet], 16 Oktober 2023. Available from: [Accesed 16 Oktober 2023]

IDX Financials (2023). Laporan Keuangan dan Tahunan Perusahaan. Idx.co.id [Internet], 15 Februari 2024. Availablefrom: [Accesed 15 Februari 2024]

Ilyas, Imran dkk. (2023). Manajemen Strategi. Sumatera Barat: CV Azka Pustaka. Available from: Google Books (http://books.google.co.id) 20 Oktober 2023

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2021). Pandemi Ubah Pola Konsumsi Industri Makanan perlu Berinovasi. Kemenperin.go.id [Internet], 14 Oktober 2023. Available from: [Accesed 14 Oktober 2023]

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2022). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. Kemenperin.go.id [Internet],24 Mei 2024. Available from: [Accesed 24 Mei 2024]

Laporan Tahunan PT. FKS Food Sejahtera Tbk. (2022). ONWARD. Fksfs.co.id [Internet], 20 Oktober 2023. Available from: [Accesed 20 Oktober 2023]

Sugiyanto. (2023). Sistem Pengendalian Strategik Inspiring Bussines And Strategic. Cilacap: Media Pustaka Indo. Available from: Google Books (http://books.google.co.id) diakses pada 13 Oktober 2023

Susanto, Agus. (2022). Pengantar Bisnis. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta Utama. Available from: Google Books (http://books.google.co.id) diakses pada 19 Oktober 2023

Tempo. (2021). Pemulihan Ekonomi Nasional, Kemenperin Tingkatkan Daya Saing Industri. Tempo.co [Internet], 11 Oktober 2023. Available from: [Accesed 11 Oktober 2023]


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.