PENGARUH LOKASI, SUASANA TOKO, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada konsumen di Kafe Proteloon Kopi)

Katon Prayogo Putra, Dadang Krisdianto, Ainul Chanafi

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lokasi, Suasana Toko, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kafe Proteloon Kopi). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen pada kafe Proteloon Kopi. Teknik pengambilan sample menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang diolah menggunakan software SPSS Statistik 2.0. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Suasana Toko dan Promosi berpengaruh secara parsial yakni dengan ketentuan pengaruh signifikansi yang sudah diuji dengan SPSS yang menunjukan masing-masing angka pada variabel berikut : thitung > ttabel yaitu 5,642 > 1,984 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 variabel Suasana Toko berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Uji thitung > ttabel yaitu 3,015 > 1,984 dan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05 variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci: Lokasi, Suana Toko, Promosi, Keputusan Pembelian.

 

ABSTRACT

This research aims to determine the influence of Location, Store Ambiance, and Promotion on Purchase Decisions (A Study on Proteloon Coffee Cafe Consumers). This study adopts a Quantitative research design. The population comprises consumers at Proteloon Coffee Cafe. The sampling technique employed is Simple Random Sampling, with 100 respondents processed using SPSS Statistics 2.0 software. Data collection involves a validated and reliable questionnaire. The data analysis technique used is multiple regression.

The research findings indicate that the Store Ambiance and Promotion variables have partial effects, as tested and confirmed by SPSS. Specifically, the variables show the following values: the t-value > the critical t-value (5,642 > 1,984) with a significance level of 0,000 < 0,05 for Store Ambiance's significant impact on Purchase Decisions.

Keywords: Location, Store Ambiance, Promotion, Purchase Decisions.


Kata Kunci


Lokasi, Suana Toko, Promosi, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bumi bala, B. S., Saroh, S., & Krisdianto, D. (2022). Pengaruh Lokasi, Suasana Toko, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Dinoyo Malang. Jiagabi, 11(1), 306-312.

Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA), Vol 1 no 3, 273-283.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiyansyah, E. (2021). Pengaruh Lokasi, Promosi Penjualan, dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian pada kedai Fiksi Coffee Bandung. Fakultas Ekonomi Manajemen 2015.

Kotler, P. (2016). Marketing Management (15th Edition ed.). Pearson: Education,Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing (12th edition ed.). Pearson: Education,Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of MARKETING (17th Edition ed.). Pearson:Higher Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (13th Edition ed.). Pearson: Education Limited,Inc.

Mahmudan, A. (2022, Juni 9). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada tahun 2020/2021? Retrieved from DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021 (data konsumsi kopi indonesia)

Mimi SA. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Ranch Market. Jurnal Ekonomi Volume XX, Nomor 01.

Prayoga K, A. B. (2015). Jurnal pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk enervon-c. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Volume 1(Nomor 3).

Ramadhani, Sisilia;Saroh, Siti & Krisdianto, Dadang. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen Kafe Kopi Latar Gondanglegi). Jiagabi,11(1).

Sarwono, J. (2015). Buku Pintar IBM SPSS Statistics 19. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Setianingsih, N. F. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk, dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Dunkin Donuts Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta, 1-9.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Cetakan ke-2 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4 ed.). Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran (Edisi 4 ed.). Yogyakarta: Andi.

Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian D'Stupid Baker Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol 3 No. 12.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.