STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENGELOLAAN WISATA LOKAL DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN DESA (Studi di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo)

Aldina Sixuis Sintia, Mohammad Mas'ud Said, Daris Zunaida

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik pemasaran pengelolaan wisata lokal di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, serta informasi pengelolaan pendapatan desa untuk pengelolaan wisata lokal di wilayah yang sama. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data meliputi pencatatan, wawancara, dan observasi. Model interaktif Miles & Huberman digunakan dalam metode analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gunung Beruk, Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, mempunyai sistem pengelolaan wisata alam yang sangat baik. Pengelolaan wisata dilakukan oleh karang taruna Tanggung Rejo bekerja sama dengan BUM Desa dan Perhutani. Keberadaan wisata Gunung Beruk terbukti meningkatkan pendapatan Desa Karangpatihan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar melalui aktivitas berjualan di area wisata.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pengelolaan Wisata, Pendapatan Desa

 

ABSTRACT

The objective of this research is to understand the marketing techniques for managing local tourism in Karangpatihan Village, Balong Subdistrict, Ponorogo Regency, as well as to gather information on the management of village income for local tourism in the same area. A qualitative research method was applied in this study. Data collection techniques included recording, interviews, and observation. The Miles & Huberman interactive mode was used for data analysis.

The results of the research indicate that Mount Beruk, located in Karangpatihan Village, Balong Subdistrict, Ponorogo Regency, has an excellent natural tourism management system. The tourism management is carried out by the Tanggung Rejo youth organization in collaboration with the Village-Owned Enterprises (BUM Desa) and Perhutani. The existence of Gunung Beruk tourism has been proven to increase the income of Karangpatihan Village and provides job opportunities for the local community through vending activities in the tourism area.

Keywords: Marketing Strategies, Tourism Management, Village Income


Kata Kunci


Strategi Pemasaran, Pengelolaan Wisata, Pendapatan Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad. (2020). Manajemen Strategi [Internet]. Makassar: CV. Nas Media Pustaka. Available From: Google Buku, https://books.google.com [Accessed 21 Oktober 2023].

Amerta. (2019). Pengembangan Pariwisata Alternatif [Internet] Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Available From: Google Buku, https://books.google.com [Accessed 21 Oktober 2023].

Kotler P & Keller Lane K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Payne. (2001). Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi and Pearson Education Asia Pie. Ltd.

Utama. (2017). Pemasaran Pariwisata [Internet]. Yogyakarta: CV. Andi Offset Jl. Beo 38 - 40. Available From: Google Buku, https://books.google.com [Accessed 5 Oktober 2023].

Vellas F & Bechered L. (2008). Pemasaran Pariwisata International [Internet]. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Anggotam IKAPO DKI. Available From: Google Buku, https://books.google.com [Accessed 19 Mei 2024].

Yacob. (2021). Strategi Pemasaran Desa Wisata [Internet]. Jambi: Wida Publishing Perm. Bougenvile Blok JG. 14 Jambi. Available From: Google Buku, https://books.google.com [Accessed 3 Oktober 2023].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.