STRATEGI PEMASARAN KOREAN FOOD DI KOTA MOJOKERTO

Rahma Nisa Nurfadilah, Siti Saroh, Ratna Niken Hardati

Sari


ABSTRAK

 

Penyebaran dan pengaruh gelombang Korea (Korea Wave) yang masuk di Indonesia melalui drama, K-pop sampai makanan Korea yang dimanfaatkan pelaku bisnis di Kota Mojokerto dengan menggunakan strategi pemasaran (Marketing Mix). Strategi pemasaran merupakan hal yang terpenting dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka. Korean food yang memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan makanan yang lainnya, dimana keunikan rasanya telah memikat dan menarik perhatian banyak orang mulai remaja sampai dikalangan orang tua. Di Mojokerto sudah banyak akan tetapi belum 100% orang mengetahuinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Korean food di kota Mojokerto.

Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber yang diperoleh dari karyawan, pelanggan dan pemilik toko. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan para Korean food di kota Mojokerto dengan menggunakan bauran pemasaran dan memanfaatan beberapa media sosial seperti Instagram, whattapps dan e-commerce shoppe.

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Korean food.

ABSTRACT

 

The spread and influence of the Korean wave wich entered Indonesia through dramas, K-pop and Korean food which was utilized by business people in Mojokerto city using marketing strategies (marketing mix). Marketing strategy is the most important thing for business people to market their products. Korean food has its own uniqueness compared to other foods, where its unique taste has captivated and attracted the attention of many people, from teenagers to the elderly. In Mojokerto there are many, but not 100% of people know about them yet. The aim of this research is to determine the marketing strategy for Korean food in the city of Mojokerto.

The research uses descriptive qualitative research methods. Sources obtained from employees, customers and shop owners. By using data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation.

The research results show that the marketing strategy carried out by Korean food in the city of Mojokerto uses a marketing mix and utilizes several social media such as Instagram, whattapps and e-commerce shoppe.

 

Keyword: Marketing Strategy, Korean food products.


Kata Kunci


Strategi Pemasaran, Produk Korean food.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Albi Anggito, Johan Setiawan, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat:CV Jejak

Dianawati, A. (2007). Rahasia Sukses Menjadi Jutawan Internet. Jakarta: Transmedia.

Hendra & Hatamar. (2020). Analisis SWOT Integrasi Industri Halal dan Perbankang Syariah di Indonesia. Bangka:Shiddiq Press

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the word unite The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 59-68.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing . United Kingdom: Global Edition.

M Fuad, Dkk, 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta:PT.Grandmedia

Sugiono, 2013. Metode Kuantitatf , Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.