PENGARUH POTONGAN HARGA, KEMUDAHAN TRANSAKSI DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (STUDI PADA KONSUMEN DI PASAR NGANTANG)
Sari
ABSTRAK
Menginvestigasi pengaruh potongan harga, kemudahan transaksi, dan keragaman produk terhadap keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian online adalah tujuan dari penelitian ini. Teknik penelitian kuantitatif diterapkan untuk jenis penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan purposive sampling dan strategi non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145 responden. Penelitian menyimpulkan bahwa potongan harga (X1) mempunyai pengaruh yang besar dan parsial terhadap pembelian konsumen yang dilakukan secara online berdasarkan nilai uji t hitung > t tabel (7,352 > 1,976). Hasil uji t > t tabel (5,747 > 1,976) menunjukkan bahwa Kemudahan transaksi (X2) mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online. Uji determinasi > t tabel, nilai t (3,895 > 1,976) menunjukkan keragaman produk (X3). Kata Kunci : Potongan Harga, Kemudahan Transaksi, Keragaman Produk, Keputusan Pembelian Online
ABSTRACT
Investigating the influence of price discounts, ease of transactions, and product diversity on customers' decisions to make online purchases is the aim of this research. A quantitative research technique is applied for this kind of study. The method of gathering data employs a purposive sampling approach in addition to a non-probability sampling strategy with a sample size of 145 respondents. The research concludes that price decrease (X1) has a substantial and partial impact on consumer purchases made online based on the calculated t test value > t table (7.352 > 1.976). The results of the t test > t table (5.747 > 1.976) indicate that Ease of Transaction (X2) has a negligible impact on online purchase decisions. The determination test > t table t value (3.895 > 1.976) indicates product diversity (X3). Keywords: Price Discounts, Ease of Transactions, Product Diversity, Online Purchasing Decisions
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Hartanto, B., & Indriyani, L. (2022). Minat Beli Di Marketplace Shopee. PT Inovasi Pratama Internasional.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo pers.
Kambolong, M., Nurjannah, & Ambarati, L. (2022). Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi. Penerbit Qiara Media.
Mauliyah, N. I., & Masrunik, E. (2019). Dasar Akuntansi: Suatu Pengantar. NEM.
Resa, N. A., & Andjarwati, A. L. (2019). KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. 7.
Sigit, S. (2008). Pemasaran Praktis Edisi Ketiga. BPFE.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Alfabeta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.