IMPLEMENTASI STRATEGI SEGMENTING, TARGETTING, DAN POSITIONING (STP) SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN BISNIS RITEL TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI RITEL MODERN (STUDI KASUS PADA BISNIS RITEL TRADISIONAL DI DAERAH DINOYO, KECAMATAN LOWOKWARU, KOTA MALANG)

Azhar Ahmad, Rini Rahayu Kurniati, Rio Era Deka

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran segmenting, targetting dan positioning (STP) pada bisnis ritel tradisional dalam menghadapi ritel modern di daerah Dinoyo Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman.

Hasil penelitian ini diperoleh bahwa strategi pemasaran yang di terapkan oleh ritel tradisional dalam hal ini ini bisnis ritel toko kelontong yang ada di daerah Dinoyo adalah startegi pemasaran segmenting, targetting dan positioning (STP) yang menunjukkan bahwa bisnis ritel toko kelontong telah menrapkansmenerapkan strategi STP tersebut untuk tetap mempertahankan eksistensi nya di hadapan ritel modern yang ada di daerah Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Kata kunci: Implementasi, Strategi Pemasaran STP, Bisnis Ritel

ABSTRACT

This study aims to determine the implementation of segmenting, targeting and positioning (STP) marketing strategies in traditional retail businesses in facing modern retail in the Dinoyo area, Lowokwaru District, Malang City. this type of research uses qualitative research methods with a descriptive approach. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. Data analysis techniques using the Miles & Huberman interactive model.

The results of this study obtained that the marketing strategy applied by traditional retailers in this case the grocery retail business in the Dinoyo area is the segmenting, targeting and positioning (STP) marketing strategy which shows that the grocery retail business has implemented the STP strategy to maintain its existence in the presence of modern retailers in the Dinoyo area, Lowokwaru District, Malang City.

Keywords: Implementation, STP Marketing Strategy, Retail Businesses 

Kata Kunci


Implementasi, Strategi Pemasaran STP, Bisnis Ritel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Asep ST. Sujana. (2005). Paradigma Baru Dalam Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta, 200

Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York.

Arikunto, suharsini . Prosedur Penelitian, (Jakarta PT Rineka Cipta, 2013) Ma’ruf,

Darsana Made I, Rahmadani, Suci. (2023). Strategi Pemasaran. Penerbit Intelektual Manifes Media. (CV. Intelektual Manifes Media) Bali.

Fawzi, Haque, M. G., Iskandar, A. S., & dkk. (2021). Strategi Pemasaran Konsep,

Teori dan Implementasi. Tanggerang Selatan: Pascal Books

Hendri, (2006) Pemasaran Ritel, Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Hashim,A.H Muhammad Bisnis Satu Cabang Jihad, (Jakarta: Utusan Publication Dan Distributor SDN/BHP, 2003), h. 112-113

J.R.Raco, (2010) Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya, Jakarta: PT.Grasindo

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi Pengendalian, (Jakarta: Erlangga, 1988), H. 333

Kotler, P., Keller, K (2017). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi ke 12 Mahasiswa Jilid I. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Kurtz (2008). Contemporary Marketing ., New York: Sount-West Cengage Learning.

Kartajaya, H. (2006). Seri 9 Elemen Marketing Hermawan Kartajaya on

Segmentation. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 J. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ma’ruf, (2006) Pemasaran Ritel, Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Marjukah, Anis (2023). Konsep Dasar Manajemen Pemasaran. Yayasan Cindikia Mulia Mandiri.

Rahmawati, (2016) Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama

Serfianto, Purnomo Cita Yustisia Serfiyani, Iswi Hariyani, Sukses Bisnis Ritel Modern,(Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Gramedia Group,2013), h. 27

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Wijanarko Himawan. (2004) Power Branding. Penerbit Quantum Bisnis dan Manajemen (PT. Mizan Publika) Jakarta Selatan.

Sundari Ariefah, Syaikhudin Yani Ahmad (2021) Manajemen Ritel, Teori dan Strategi Dalam Bisnis Ritel. Penerbit Academia Publication. (Sekarang Lamongan)

Solihin, Ismail (2010), Pengantar Bisni, (Bandung, PT Gelora Aksara Pratama, 2014) .

Sumarwan, U., & Fandy Tjiptono. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Prespektif

Perilaku Konsumen. Bogor: PT. Penerbit IPB Press

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi 2, Yogyakarta, CV. Andi offset.

Tjiptono,(2014) Strategi Pemasaran Edisi 4 hal 239-240

Tjiptono, Chandra (2012). Manajemen Pemasaran halaman 144

Tjiptono, (2020). Pemasaran Strategik. Edisis Delapan

Tjiptono, (2017). Strategi Pemasaran. Edisis Dealapan

Tantri, Francis Pengantar Bisnis, (Jakarta: PT Rajagrafimdo Persada, 2009), h. 4.

Usman Rianse. 2008. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta

Neila, S. (2021). Implementasi Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Sebagai Strategi Bertahan dan Penerapan Syari'ah Marketing Ritel Modern (Studi Kasus: Laksana Baru Swalayan Majenang Cilacap) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Harahap, J., Rahmani, N. A. B., & Yanti, N. S. (2023). Strategi segmenting, targetting, positioning dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiyayaan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(11), 2307-2318.

Maslukhi, A. R., Kurniati, R. R., & Hardati, R. N. (2023). Analisis segmenting, targetting, Dan Positioning (STP) dalam memenuhi pangsa pasar pada makaroni Ashobar. JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 14(2), 35-43.

Neila, S. (2021). Implementasi Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Sebagai Strategi Bertahan dan Penerapan Syari'ah Marketing Ritel Modern (Studi Kasus: Laksana Baru Swalayan Majenang Cilacap) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Dewi, D. S. (2020). Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pendapatan Para Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Desa Tanggul Angin Kecamatan Punggur) (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Hikmawati, D., & Nuryakin, C. (2017). Keberadaan ritel modern dan dampaknya terhadap pasar tradisional di DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 17(2), 7.

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor (PERMENDAG) 53/MDag/Per/12/2008 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern

Peraturan Presiden (PERPRES) No. 112 Tahun 2007Pemerintah menerbitkan peraturan presiden No. 112 Tahun 2007 mengenai penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan toko modern.

Peraturan Daerah (PERDA) Kota Malang a No.8 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perindustrian dan Perdagangan. Dalam Perda No.8 Tahun 2010 Pasal 23 telah dijelaskan bahwa jarak minimal antara pasar tradisional dan pasar modern serta jarak antar pasar modern adalah minimal 500 meter.

Nabila,M (2023) Katadata Media Network .https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/24/indomaret-toko-retail-dengan-gerai-terbanyak-di-indonesia-pada 2022#:~:text=%23Update%20Me%20Berdasaran%20data%20Euromonitor%2C%20Indomaret%20tercatat%20sebagai,19.996%20gerai%20dengan%20nilai%20penjualan %20mencapai%20US%247%2C6%20miliar. (Di akses pada tanggal 15 Oktober 2023)

Nabila,M .(2023) Katadata Media Network ,https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/24/indomaret-toko-retail-dengan-gerai-terbanyak-di-indonesia-pada-2022#:~:text=%23Update%20Me%20Berdasaran%20data%20Euromonitor%2C%20Indomaret%20tercatat%20sebagai,19.996%20gerai%20dengan%20nilai%20penjualan %20mencapai%20US%247%2C6%20miliar. (Di akses pada tanggal 15 Oktober 2023)

Kontributor (2018) Suara, Kalimantan . com .https://www.suarakalimantan.com/2018/06/15/diduga-alfamart-dan- indomaret- monopoli-dalam-usaha-ritel/ . (Di Akses pada tanggal 10 November 2023)

KPPU. ( 2023 ) Komisi Pengawas Persaingan Usaha https://kppu.go.id/.

(Di Akses Pada Tanggal 10 November 2023)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.