PENGARUH MEDIA PROMOSI TIKTOK DAN MEDIA PROMOSI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (Studi pada Followers TikTok dan Followers Instagram Scarlett Whitening)

Dian Ayuningtyas, Siti Saroh, Khoiriyah Trianti

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari riset ini adalah untuk melihat bagaimana keputusan pembelian produk Scarlett Whitening dipengaruhi oleh promosi di TikTok dan Instagram. desain riset kuantitatif yang melibatkan strategi yang mencakup observasi dan kuesioner. Partisipan dalam riset ini adalah followers Scarlett Whitening di TikTok dan Instagram. Purposive sampling digunakan dalam riset ini dengan jumlah sampel sebanyak 100 partisipan. Hasil riset menunjukkan bahwa variabel Temuan riset menunjukkan bahwa Keputusan Pembelian (Y) dipengaruhi secara parsial oleh variabel Media Promosi TikTok (X1) dan Media Promosi Instagram (X2). Berdasarkan temuan uji F Diketahui Fhitung > Ftabel (10,160 > 3,090) dan nilai tersebut signifikan (0,00 < 0,05), sehingga media promosi TikTok dan Instagram dapat berdampak secara simultan terhadap keputusan pembelian. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Media Promosi TikTok dan Media Promosi Instagram berdampak pada Keputusan Pembelian sebesar 55,2%. Sisanya 44, 8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan ini atau variabel yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci : Media Promosi TikTok, Media Promosi Instagram, Keputusan Pembelian.

 

ABSTRACT

The aim of this research is to see how purchasing decisions for Scarlett Whitening products are influenced by promotions on TikTok and Instagram. Quantitative research designs involve strategies that include observation and questionnaires. Participants in this research were Scarlett Whitening's followers on TikTok and Instagram. Purposive sampling was used in this research with a sample size of 100 participants. The research results show that the variables Research findings show that Purchase Decisions (Y) are partially influenced by the variables TikTok Promotion Media (X1) and Instagram Promotion Media (X2). Based on the findings of the F test, it is known that Fcount > Ftable (10.160 > 3.090) and this value is significant (0.00 < 0.05), so that TikTok and Instagram promotional media can have a simultaneous impact on purchasing decisions. The coefficient of determination test shows that TikTok Promotional Media and Instagram Promotional Media have an impact on Purchase Decisions of 55.2%. The remaining 44.8% is influenced by other variables outside this equation or variables that were not studied.

 

Keywords: TikTok Promotion Media, Instagram Promotion Media, Purchase Decisions.


Kata Kunci


Media Promosi TikTok, Media Promosi Instagram, Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Barus, N. B., Pangaribuan, M., & Purnami, S. (2021). Pengaruh Promosi Menggunakan Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosetik MS Glow Pada Mahasiswa Di Kota Medan. Konferensi Nasional Sosial dan Engineering Politeknik Negeri Medan, 616-626.

Fadhilah, I. N. (2023). Problematika Teori dan Praktik Komunikasi. Jakarta Selatan: PT Mahakarya Citra Utama Group.

Firmansyah, D. M. (2023). Pemasaran Produk Dan Merk Planning & Strategy. Indonesia: Qiara Media.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro.

Helianthusonfri, J. (2019). Belajar Social Media Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.