PENGARUH VIRAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)

Karmilah Zakia, Siti Saroh, Daris Zunaida

Sari


ABSTRAK

Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Riset berjenis kuantitatif melalui metode yang mempergunakan kuisioner juga observasi. Populasi dalam riset ini mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Penelitian ini menerapkan Purposive Sampling jumlah sampel 100 orang. Perolehan hasil riset memperlihatkan variabel viral marketing (X1) berdampak parsial akan keputusan pembelian (Y) atas thitung > ttabel (2,355 > 1,985) melalui Sig sejumlah 0,006 < 0,05.Variable harga (X2) berdampak parsial akan keputusan pembelian (Y), atas nilai thitung > ttabel (3,045 > 1,985) bersama Signifikan sebesar 0,003 < 0,05. Sedangkan perolehan uji F menyatakan variabel viral marketing dan harga memiliki dampak dengan simultan mengenai keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Viral Marketing, Harga, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

The aim of this research is to decide the influence of viral marketing and price on decide to buy on the Shopee marketplace. Quantitative type research using methods that use questionnaires and observation. The population in this research students from the Faculty of Economics and Business, Islamic University of Malang. This study applies Purposive Sampling with 100 people. The research outcome show that the viral marketting variable (X1) has a partial impact on decide to buy (Y) on tcount > ttable (2.355 > 1.985) through a Sig of 0.006 < 0.05. The price (X2) has a partial impact on purchasing decisions (Y), on the value of tcount > ttable (3.045 > 1.985) with a significant value of 0.003 < 0.05. Meanwhile, the outcome of the F test state that the viral marketing and price variables have a collective impact on purchasing decisions.

 

Keywords: Viral Marketing, Price, Purchase Decision

 


Kata Kunci


Viral Marketing, Harga, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahdiat,A.(2023,Juli7).databoks.katadata.co.id. diakses pada 23 Agustus 2023 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/07/pengunjungshopee-dan-blibli-naik-pada-kuartal-ii-2023-e-commerce-lain-turun

Haque-Fawzi, G. M. (2022). Strategi Pemasaran Konssep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi KeduabelasJilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi ke13.Jakarta:Erlangga.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi . Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.