PENGARUH HARGA DAN KUALlTAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELlAN PADA APLIKASI GOJEK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif UMM Tahun 2020)

Idho Zafaris, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK

 

Keputusan pembeIian merupakan pengambiIan keputusan akan pembeIian baik barang atau jasa yang akan dibeli ataupun yang tidak dibeli, Hal ini juga merupakan rangkaian kegiatan pada konsumen yang secara langsung ikut andil dalam menggunakan dan mendapat barang atau jasa yang ditawarkan. Faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan pembeIian adalah kuaIitas peIayanan dan harga, haI ini di dukung beberpa peneIitian terdahuIu dan teori-teori yang ada bahwa harga dan kuaIitas peIayanan berpengaruh terhadap keputusan pembeIian. Ada beberapa peneIitian terdahulu yang mengatakan harga dan kuaIitas peIayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembeIian. PeneIitian ini akan meneIiti keputusan pembeIian pada pengguna aplikasi Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk menganaIisis pengaruh harga terhadap keputusan pembeIian, menganaIisis kuaIitas peIayanan terhadap keputusan pembeIian dan menganaIisis pengaruh harga dan kuaIitas peIayanan terhadap keputusan pembeIian. Metode daIam peneIitian ini adalah metode peneIitian kuantitatif. JumIah responden pada peneIitian ini sebanyak 100 orang dengan kriteria mahasiswa aktif UMM tahun 2020 dan pernah meIakukan transaksi di Gojek minimal 2 kali. PengambiIan data pada peneIitian ini dengan penyebaran kuisoner kepada responden sebagai teknik pengumpuIan data. PeneIitian ini menggunakan anaIisa regresi Iinier berganda, hasiI peneIitian ini adalah secara parsiaI (sendiri) harga memiIiki pengaruh positif terhadap keputusan pembeIian ,  kuaIitas peIayanan secara parsiaI (sendiri) memiIiki pengaruh positif terhadap keputusan pembeIian dan secara simuItan (bersama-sama) harga dan kuaIitas peIayanan berpengaruh terhadap keputusan pembeIian.

Kata Kunci : Harga, KuaIitas Pelayana & Keputusan PembeIian

 

 

 

 

ABSTRACT

Purchase decision is a decision on the provision of both goods or services to be purchased or not bought, It is also a series of activities for consumers who directly take part in using and obtaining the goods or services offered. . Factors that can influence the decision making of services are the quality of service and price, this is supported by several related studies and existing theories that price and quality of service affect the decision of service. There are previous studies that say the price and quality of service have no effect on the decision to pay. This study will examine the decision of the payment to Gojek application users.  This study aims to analyze the effect of price on the decision of the purchase, analyze the quality of service on the decision of the payment and analyze the effect of price and quality of service on the decision of the purchase. This method is a quantitative research method. The number of respondents in this study was 100 people with the criteria of UMM active students in 2020 and had made transactions on Gojek at least two times.  Data collection in this study by distributing questionnaires to respondents as a data collection technique. This study uses multiple Iinier regression analysis, the result of this study is that parsiaI (alone) price has a positive influence on the decision of the purchase, the quality of service in parsiaI (itself) has a positive influence on the decision of the provision and simuitively (together) the price and quality of service affect the decision of the purchase.

Keywords: Price, Service QuaIity and Purchasing Decisions


Kata Kunci


Harga, KuaIitas Pelayana & Keputusan PembeIian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Faozi, I. dan S. B. Handayani. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong di Kota Bandu. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi. 26(47): 44-52.

Hidayat, A. K. N. (2022). Jumlah Penumpang Ojek Online Turun karena Harga Naik, Berikut Data Lengkapnya. Bisnis.tempo.co.

https://bisnis.tempo.co/read/1643451/jumlah-penumpang-ojek-online-turun-karena-harga-naik-berikut-data-lengkapnya.

Indrasari, Meithiana (2019) PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN, Unitomo Press:Surabaya

Kandoli, J. (2019). Analisa Pengaruh Promosi, dan Kualitas pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Taksi Online Go-Car oleh Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA. 7(3): 3458-3467.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. In Erlangga

Kotler, Philip & Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 15. Jilid 1, Jakarta:Erlangga.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Indeks.

Malhotra, Naresh. (2014). Basic Marketing Research. Pearson Education : England.

Mashur, R. 2016. Perilaku Konsumen. Makasar: Alaudin University Press.

Movanita, A. N. K., & Setiawan, S. R. D. (2019). Survei: 32 Persen Masyarakat Ketergantungan Transportasi Online.Kompas.com.

https://money.kompas.com/read/2019/07/09/200849026/survei-32-persen-masyarakat-ketergantungan-transportasi-online.

Prasasti, G. D. (2022). Gijek Luncurkan Gocar Luxe, Tawarkan Ruang Kabin Lebih Lega. Liputan6.com.

https://www.liputan6.com/tekno/read/5156432/gojek-luncurkan-gocar-luxe-tawarkan-ruang-kabin-lebih-lega?page=4

Pratama, R. A. (2022). Pengaruh Iklan, Brand ambassador dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Tokopedia. Universitas Wijaya Putra Surabaya. 1-15.

Risanto, S. (2021). Pengaruh Kualitas pelayanan, Kepercayaan Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Layanan Gofood pada Masa Pandemi Covid-19 di Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Schiffman, Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta : PT. Indeks

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D (Sofia Yust). Alfabeta.

Triandis, H. C. (1980). Interpersonal Behavior. Monterey, Calif.: Brooks/Cole Pub. Co.

Zusrony, Edwin 2021. Perilaku Konsumen Di Era Modern,Yayasan Prima Agus Teknik:Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.