PENGARUH STRATEGl PROMOSl, STRATEGI HARGA, DAN STRATEGI KUALlTAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Devira Putri Sahara, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi promosi, strategi harga dan strategi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Jingga Online Shop. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan convenience sampling, dan jumlah responden dihitung berdasarkan rumus dari Maholtra didapatkan jumlah 90 responden. Metode dalam penelitina ini yaitu dengan pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu  regresi liniear berganda dengan menggunakan software SPSS ver. 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan strategi promosi, strategi harga dan strategi kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial strategi promosi ini sangat berdampak positif secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Strategi harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Strategi kualitas pelayanan sangat berpengaruh scara signifikan terhadap kepuasan konsumen.

 

Kata Kunci: Strategi promosi, strategi harga, strategi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan.

 

 

ABSTRACT

This research aims to find out how promotional strategies, pricing strategies and service quality strategies influence consumer satisfaction at Jingga Online Shop. The sampling technique in this study used convenience sampling, and the number of respondents was calculated based on the formula from Maholtra, resulting in a total of 90 respondents. The method in this research is by collecting data through surveys using questionnaires. This research uses data analysis techniques, namely multiple linear regression using SPSS ver. 26.0. The research results show that simultaneously promotion strategy, price strategy and service quality strategy have a significant effect on consumer satisfaction. Partially, this promotional strategy has a significantly positive impact on consumer satisfaction. Pricing strategy has no effect on consumer satisfaction. Service quality strategies have a significant influence on consumer satisfaction.

Keywords: Promotion strategy, price strategy, service quality strategy, customer satisfaction

Kata Kunci


Strategi promosi, strategi harga, strategi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Subagyo 2010, Marketing In Business. edisi pertama, cetakan pertama.Jakarta: Mitra Wacana

Husein, Umar. (2000). Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Keller. 2008. Manajemen pemasaran, jilid 1, edisi ketigabelas, Erla ngga Jakarta

Kotler, P. dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke. 9. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip.2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Prehallindo.

Lupiyoadi, (2001), Manajemen pemasaran jasa teori dan praktik : Salemba empat

Misbahuddin. (2012). E-Commerce dan Hukum Islam. Makasaar: Alauddin University Press.

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Pratiwi Hilda Aprilia. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka Di Yogyakarta. Yogyakarta.

Ratnasari R. T. dan M. Aksa. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan 1. Ghalia Indonesia. Bogor.

Stanton, William J.2003. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7,jilid. 1.Erlangga. Jakarta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuabtitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edisi 2. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy dkk. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Usmara (2003), Strategi baru manajemen pemasaran, Yogyakarta: Amara Books.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.