IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK TAS RAJUT KABOKI (STUDI KASUS PADA WISATA TAS RAJUT KABOKI CABANG SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN)

Reny Rahayu, Siti Saroh, Rio Era Deka

Sari


ABSTRAK

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan, efektivitas strategi pemasaran Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan dan kendala strategi pemasaran Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan dalam menghadapi persaingan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman.

       Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi pemasaran yang diimplementasikan Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan sudah bagus. Efektivitas strategi pemasaran Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan cukup efektif yang menunjukkan peningkatan penjualan dari tahun ke tahun. Kendala strategi pemasaran Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan yaitu kurangnya produk baru atau style tas yang akan dipasarkan. Peningkatan daya saing Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan dibanding dengan pesaing dapat ditinjau dari keunggulan kompetitif yang dimiliki.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, Tas Rajut

 

ABSTRACT

       This research aims to find out the marketing strategy of Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan, the effectiveness of marketing strategy Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan and the barriers of marketing strategies Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan in the face of competition. This type of research uses qualitative methods of research. Data collection techniques use observation, interview and documentation methods. Data analysis techniques use the interactive model of Miles & Huberman.

       The results of the research have been obtained that the marketing strategy implemented by Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan has been good. The effectiveness of the marketing strategy Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan is a fairly effective survey that shows a year-on-year increase in sales. The lack of new products or style bags to be marketed is a key marketing strategy for Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan. The increased competitiveness of Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan compared to competitors can be reviewed from the competitive advantage it has. Keywords: Marketing Strategy, Competitiveness, Rajut Bag


Kata Kunci


Strategi Pemasaran, Daya Saing, Tas Rajut

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Sofjan. (2015) Manajemen Pemasaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Fitriati, Rachma. (2015) Menguak Daya Saing UMUM Industri Kreatif [Internet], Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Avaible from : Ipusnas [Accessed 28 September 2023]

Fuad, M. dkk. (2000) Pengantar Bisnis [Internet], Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Avaible from : Google Books [Accessed 28 September 2023]

Galo. (2022) Nilai Ekspor Produk Kerajinan Indonesia Capai US$916 Juta [Internet]. [ https://dekranas.id/nilai-ekspor-produk-kerajinan-indonesia-capai-us916-juta/, diakses 21 Desember 2023]

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2020). Kemenperin.go.id. Diakses tanggal 21 Desember 2023, dari https://kemenperin.go.id/artikel/21614/Ekspor-Tembus-USD-892-Juta,-Industri-Kerajinan-Nasional-Kian-Kompetitif /tanpa penulis

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2023). Kemenperin.go.id. Diakses tanggal 21 Desember 2023, dari https://kemenperin.go.id/artikel/24316/Geliat-Bisnis-Industri-Kriya-Berpotensi-Genjot-Ekonomi-Nasional /tanpa penulis

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2019) Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi Kedua Belas Jakarta : Erlangga

Lamb, Charles W, Hair, Joseph F & McDaniel, Carl. (2001) Pemasaran Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Setiyaningrum, Ari, Udaya Jusuf & Efendi. (2015) Prinsip-prinsip Pemasaran Yogyakarta : ANDI OFFSET

Siagian, Sondang P. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta : PT Bumi Aksara.

Streers, Richard M. (2005) Efektivitas Organisasi Terjemahan Jakarta : Erlangga

Tjiptono, Fandy. (2019) Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Zuhal. (2010) Knowledge & Innovation Platform Kekuatan Daya Saing [Internet], Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama . Avaible from : Ipusnas [Accessed 28 September 2023]


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.