PENGARUH HARGA DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKO ONLINE SLOWLY CATALOG MALANG (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Universitas Islam Malang)

Achmad Faizal, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


ABSTRACT:

This research aims to determine the relationship between price, digital marketing and purchasing decisions. This research uses a quantitative method by collecting data using a questionnaire distributed and filled in by 100 respondents. The object of this research is the Slowly Catalog Online Store in Malang City. The questionnaire results were analyzed using the t test and F test to determine the relationship partially or simultaneously. The results of this research can be seen in the following variables: the significant level of t Price shows the number 0.001 < 0.05 also t count > t table, namely 3,439 > 1,983, meaning that Ha is accepted and Ho is rejected, the significant level of Digital Marketing shows the number 0.000 < 0.05 and also t count > t table, namely 4,067 > 1,983, which means Ha is accepted and Ho is rejected. Then simultaneous testing shows a significant level of 0.000 < 0.05 or F count > F table is 11,319 > 3.09 so it can be said that both variables simultaneously (simultaneously) have an impact significant to Purchasing Decisions.

 

Keywords: Price and Digital Marketing, Purchasing Decisions       .

 

ABSTRAK:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga, digital marketing terhadap Keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan dan diisi oleh 100 responden. Objek penelitian ini adalah pada Toko Online Slowly Catalog Kota Malang. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan uji t dan Uji F untuk mengetahui hubungan secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian ini dapat dilihat angka dalam variabel berikut: taraf signifikan t Harga menunjukan angka 0,001 < 0,05 juga t hitung > t tabel yakni 3.439 > 1.983 bermakna Ha diterima serta Ho ditolak, taraf signifikan Digital Marketing menunjukan angka 0,000 < 0,05 dan juga t hitung > t tabel yakni 4.067 > 1.983 yang artinya Ha diterima serta Ho ditolak, Kemudian pengujian simultan menunjukan taraf signifikan 0,000 < 0,05 atau Fhitung > F tabel bernilai 11.319 > 3.09 sehingga bisa dikatakan kedua variabel secara bersamaan (simultan) punya dampak signifikan kepada Keptusan Pembelian.

 

Kata kunci: Harga dan Digital Marketing, Keputusan Pembelian


Kata Kunci


Harga dan Digital Marketing, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Amqaliyah. (2022). Digital Markeqting. Padaqng Sumatra Bqarat : Pt. Global Ekseqkutif Teknoqlogi.

Andqy Prasetyo Wati. (2020). Diqgital Marketing. Malang : PT. Literiqndo Berkah Karya.

Dewi Koqmala Sari, Se., Mm. (2021). Digital Marketing. Sidoarjo: Umsida Press.

Edwin Zusrony, S.E., M.M., M.Kom. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang : Yayasan Prima Agus Teknik.

Ghozqali, I. (2016). Aplqikasi analiqsis multivariate dengqan program SqPSS.

Imaqm Ghozali, M.Com., Ph.D.CA, Akt. (2018). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ivonne Ayesha. (2022). Digital Marketing. Padang Padang Sumatra : Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Koqtler dan Gaqry Armstong. (2008). Prinsip-Prinsip Pqemasaran Edisi 12 Jiqlid 1. Jakarta: Erlaqngga.

Kotler dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lijan Poltak Sinambela dan Dr. Erna Ermawati Chotim, M. (2019). Statistika Sosial. Depok: Rajawali Press.

M. Anqang Firmansyah, S. M. (2018). Perilaqku Konsumen. Yogyakarta : Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

M. Anang Firmqansyah, S. M. (2019). Pemaqsaran Produk Dan Mqerek. Suqrabaya: Cv. Penerbit Qiaqra Media.

Mariqssa Grace Haque-Faqwzi, S.H., M.Hum., M.B.A., M.H., Msi. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tanggerang Selatan : Pascal Books.

Meithiqana Indrasari. (2019). Pemasaqran & Kepuasan Pelangqgan. Surabaya: Unitomo Press

Sugiyqono, P. D. (2013). Metode Penqelitian Kuantitatif Kualitqatif dan R&D. Bandung: Alfaqbeta.

Suqgiyono, P. D. (2016). Metode Penqelitian Kuantitatif, Kuqalitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suqgiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal :

Annaqhdy, M. A. (2019). Pengaqruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di D&D Chicken and Burger Sumobito Jombang. Journal of Business and Innovation Management Volume 2 Nomor 1, Oktober 2019 Halaman 1-18.

Gede Wisnu S (2020). “Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian”. E-Jurnqal Manajemen, Vol. 9, No. 7, 202q0 : 2596-2q620.

Hafizh Fitrianna., dan Derista Aurinawati. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness DanBrand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 03, Nomor 03, Juni 2020.

Imam Kamqbali, SE., MM - Ani Syaqrifah. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Billionaire Store Bandung). Jurnal Bisnis dan Pemasaran ISSN : 2087-3077 Volume 10, Nomor 1, Maret 2020.

Iryaniqta, R., dan Y. Sugiarqto. (2013). Anaqlisis Pengaruh Citra Merek, Presepsi Harga, dan Presepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang.

Pipih Sopiyan (2022). “Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 13 No 2, Juli 2022.

R.A.Marlieqn. (2022). Pengaqruh Diqgital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 1, 25.

Rudy Susanto (2021). “Pengaruh harga dan iklan terhadap keputusan pembelian smartphone oppo di kecamatan ciputat timur Tangerang selatan”. Journal of Applied Business and Economics (JABE) Vol. 7 No. 4 (Juni 2021) 450-457.

Saputra1, g. W. (2020). Pengaruh digital marketing. Jurnaql Manajeqmen, Vol. 9, No. 7, 20q20 : 2596-2620, 2596-2620.

Susanto, R. (2021). Pengarquh harga dan iklaqn terhadqap keputuqsan pembeqlian smartphone oppo di kecamatan ciputat timur. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 450-457.

P. Sandy Wiatma, “Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap ProsKeputusan Pembelian Zara di Kota Bandung” Universitas Telkom, Tahun 2020, p. 12-13.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.