PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN START-UP MEJAKITA

Bagus Kristianto, Ratna Nikin Hardati, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK

Kinerja karyawan merupakan aspek terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan, terutama pada perusahaan start-up yang mengandalkan inovasi dan kreativitas sebagai modal utama mereka. Perusahaan start-up MejaKita adalah sebuah perusahaan digital yang berfokus pada bidang Pendidikan. Sebuah perusahaan start-up harus mempunyai karyawan yang ahli dalam bidang ilmu teknologi serta dapat bertanggungjawab atas kinerjanya. Kehadiran karyawan yang optimal merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yeng mempengaruhi tercapainya kinerja perusahaan yang baik. Tingkat kehadiran merupakan disiplin kerja terhadap perusahaan, kurangnya kedisiplinan karyawan dapat mengakibatkan rasa stress serta penurunan kinerja pada individu.

Penelitian ini menggunakan dengan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan  kuisioner. Kuesioner yang disebarkan melalui repsonden menjadi alat yang digunakan sebagai pengumpulan informasi dengan tujuan untuk mendapatkan data yang benar, cermat, serta akurat. Selain itu juga, aspek disiplin kerja, stress kerja serta kinerja pada karyawan. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh karyawan MejaKita.

Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa perusahaan start-up Mejakita memiliki kekurangan pada aspek kinerja karyawan. Berdasarkan hasil analisis menyatakan disiplin kerja berpengaruh utama pada buruknya kemampuan pegawai. Sekalipun rasa stres tidak berdampak secara signifikan terhadap kinerja dari pegawai. Namun, tetap saja ada kemungkinan seorang karyawan mengalami stres kerja. Saran yang dapat peneliti berikan ialah perusahaan dapat meningkatkan aspek disiplin kerja karyawannya dengan tujuan kinerja karyawan dapat secara optimal.

Kata Kunci: Disiplin Kerja, Stres Kerja, Kinerja Karyawan



Kata Kunci


Disiplin Kerja, Stres Kerja, Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Greenberg, J. And Robert A. Baron. 2003. Organisasi: Behavior in Organization Internasional Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Silalahi, Febriana Ananda, Edwin Agung Wibowo, and Rahman Hasibuan. 2021. Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja, Etos Kerja, Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Esun Internasional Utama Indonesia Batam. Jurnal Ilmiah. Volume 9, No 2.

Sinambela, Lijan Poljak. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta : Bhumi Aksara, 2020.

Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siagia, Sondang P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, P. S. (2004). Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Buku Kedua. Jakarta:Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.