PENGARUH HARGA, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PENUMPANG (Studi pada Penumpang Kapal Simba 1 Tujuan Kota Kendari-Wakatobi)

Silviyanti Silviyanti, Daris Zunaida, Ainul Chanafi

Sari


ABSTRAK

Riset bermaksud mendapati impak Harga, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan atas Keputusan Pembelian tiket penumpang selaku parsial beserta selaku simultan. Riset dikategorikan kuantitatif bersasosiatif dengan besaran sampel 100 informan. Adapun riset mempertunjukkan variabel Harga (X1) berakibat signifikan sehubungan Keputusan Pembelian tiket penumpang melalui thitung melangkaui t­tabel yakni (2,145 > 1,661) bersama tingkat signifikan 0,034 tak melangkaui 0,05 bermakna diperolehinya Ha. Setelahnya variabel Fasilitas (X2) berakibat signifikan sehubungan Keputusan Pembelian tiket penumpang melalui thitung melangkui  ttabel yakni (2,478 > 1,661) bersama tingkat signifikan 0,015 tak melangkaui 0,05 bermakna diperolehinya Ha. Sementara variabel Kualitas Pelayanan (X3) berakibat signifikan sehubungan Keputusan Pembelian tiket penumpang melalui thitung melangkaui t­tabel yakni (3,050> 1,661) bersama tingkat signifikan 0,003 tak melangkaui 0,05 bermakna diperolehinya Ha. Sedangkan selaku simultan Harga, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan berimpak signifikan atas Keputusan Pembelian tiket penumpang dengan Fhitung melebihi Ftabel yaitu (34,278 > 2,14) dan tingkat signifikan 0,000 tak sampai 0,05 bermakna disetujuinya Ha.

Kata Kunci : Harga, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.

ABSTRACT

The research intends to find the impact of Price, Facilities, and Service Quality on the Purchase Decision of passenger tickets as partial and as simultaneous. Research is categorized as associative quantitative with a sample size of 100 informants. The research shows that the Price variable (X1) has a significant effect on the decision to purchase passenger tickets through the tcount exceeding the ttable, namely (2.145> 1.661) with a significant level of 0.034 not exceeding 0.05, meaning that Ha is obtained. After that the Facility variable (X2) has a significant effect on the decision to purchase passenger tickets through the tcount exceeding the ttable, namely (2.478> 1.661) with a significant level of 0.015 not exceeding 0.05, meaning that Ha is obtained. While the Service Quality variable (X3) has a significant effect on the Purchase Decision of passenger tickets through the tcount reaching the ttable, namely (3.050> 1.661) with a significant level of 0.003 not exceeding 0.05, meaning that Ha is obtained. Meanwhile, as a simultaneous Price, Facilities, and Service Quality have a significant impact on the Purchase Decision of passenger tickets with Fcount exceeding Ftable, namely (34.278> 2.14) and a significant level of 0.000 not up to 0.05 means Ha is agreed.

Keywords: Price, Facilities, Quality of Service, Purchasing Decision.


Kata Kunci


Harga, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 2019. Edisi Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kolter, P., & Amstrong, G. (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabet.

Tjiptono, F. (2019). Service Manajement Mewujudkan Layanan Prima 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.