PENGARUH WORD OF MOUTH DAN HARGA PREMIUM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN JAWA TIMUR PARK 2 KOTA BATU

Vina Irkhamnia, Siti Saroh, Eny Widayawati

Sari


ABSTRAK
Peneliti melakukannya sebagai pengetahuan akan senilai apa item word of mouth dan harga premium berdampak parsial juga simultan pada keputusan berkunjung wisatawan Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Pengaplikasiannya menggunakan jenis kuantitatif, yang mana teknik mengumpulkan data yakni deangan memanfaatkan kuesioner. Teknik sampling dengan pengaplikasian insidental sampling. Populasi studi ini berupa wisatawan Jawa Timur Park 2. Hasil studi ini diketahui bahwa item word of mouth (X1) berdampak kepada keputusan berkunjung (Y) wisatawan Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Variabel Harga Premium (X2) berpengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh antara item independen (word of mouth juga harga premium) dengan simultan kepada item dependen (keputusan berkunjung), maka Ha diterima serta Ho ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan akan perhitungan adjusted R square senilai 0,276, punya arti akan seluruh item bebas yakni word of mouth (X1) serta harga premium (X2) punya kontribusi bersama senilai 27,6% kepada item keputusan berkunjung (Y). Sedangkan sisanya senilai 72,4% dapat didampaki akan item lain yang tak termasuk akan studi ini.
Kata Kunci:. Word Of Mouth, Harga Premium, Keputusan Berkunjung
ABSTRACT
Researchers did this to gain knowledge about the value of word of mouth items and premium prices, which have a partial and simultaneous impact on tourists' decisions to visit East Java Park 2, Batu City. The application uses a quantitative type, where the technique for collecting data is by using a questionnaire. Sampling technique using incidental sampling. The population of this study is East Java Park 2 tourists. The results of this study show that word of mouth items (X1) have an impact on the decision to visit (Y) of East Java Park 2 tourists, Batu City. The Premium Price variable (X2) influences the decision to visit (Y) of East Java Park 2 Batu City tourists. The results of the F test show that there is an influence between the independent item (word of mouth and premium price) and the dependent item (decision to visit) simultaneously, so Ha is accepted and Ho is rejected. The results of the coefficient of determination test show that the adjusted R square calculation is 0.276, which means that all free items, namely word of mouth (X1) and premium price (X2) have a joint contribution of 27.6% to the visiting decision item (Y). Meanwhile, the remaining 72.4% can be influenced by other items not included in this study.
Keywords:. Word Of Mouth, Premium Prices, Visiting Decisions


Kata Kunci


Word Of Mouth, Harga Premium, Keputusan Berkunjung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Aaker, A. D. (2014). Manajvemen Ekuitas Merek, Alih Bahasa: Aris Anaznda, Edisi Revisi. Jakaqrta: Mitra Utama.

Alma, Buchari. 2005. Manaqjemen Pemasaran dan Pemasaraqn Jasa. Bandung: CV Alvabeta.

Anggqono, A. J., dan Sunarti. 2018. Pengaruh Harga dan Word Of Mqouth Terhadqap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Paralaqyang, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 61, No. 3, 190-197.

Aprilia, Fitri., Kumadji, S. & Kusumawati, A. 2015. Pengaruh Word Of Mouth Terhqadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survey pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 24 No. 1, 1-6.

Biqlson, S. (2003). Memeqnangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta: Gramqedia Pustaka Utama,.

Badan Puqsat Statiqstik (BPS) Kota Batu. Jumlah Pengunjung Objek Wisatqa dan Wisata Oleh-Oleh Menqurut Tempat Wisata di Kota Batu. Diakses tanggal 2 Januari 2023. https://batukota.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html#subjekViewTab3

Badan Pusat Staqtistik (BPS) Kota Batu. Jumlah Pengunjqung Objek Wisatqa dan Wisata Oleh-Oleh Menurut Teqmpat Wisata di Kota Batu. Diakses tangal 25 Oktober 2023. https://batukota.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html#subjekViewTab3

Daqly, F. P. 2019. Pengaruh Wisaqta Halal terhadap Kepuasan Wisatawan Berkqunjung ke Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Enqa, M. Y., Antonio E.L. Nyoko, dan Wehelmina M. Ndoen (2019) Pengqaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembqelian di Chezz CafeNet. Journal Of Management (SME’s) Vol. 10, No. 3, p299-310.

Ghoqzali, Imam. 2018. Aplikasi analisis Multivariate dengan Prograqm IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Herawati, L. N. 2021. Pengaruh Kesadaran Produk Hijau, Citra Merek Hijau, dan Harga Premium terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Tupperwar di Soloraya). IAIN Surakarta.

Hermawan, Agus. 2019. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Jawa Timur Park Group https://jtp.id/profilgroup/index.html

Jawa Timur Park Group https://jtp.id/batusecretzoo/visionmission/

Kotler, Philip & Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong, G. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mongisidi, S. J., Sepang, Jantje, Djurwati, S. 2019. Pengaruh Lifestyle dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA Vol. 7 No. 3, Hal. 2949-2958.

Muljadi dan Warman. 2016. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Netemeyer, R. G., et all. (2004). Developing and validating measures of facets of customer-based brand equity. Journal of business research 57(2): 209-224.

Priansa, D. J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Rambocas, M., Kirpalani, V.M. dan Simms, E. (2018), "Brand equity and customer behavioral intentions: a mediated moderated model", International Journal of Bank Marketing, Vol. 36 No. 1, pp. 19-40.

Sarjono, H., et all. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset, Salemba Empat.

Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Sinambela, L. P & Chotim, E.E. 2020. Statistika Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosakarya.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Vilda, G. W. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Wisata dan Harga terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Manajemen, 83(1), 45-58.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.