PENGARUH SUASANA TOKO DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Kopi Studio 24 Cabang Soekarno Hatta)

Linda Tri Astuti, Ratna Niken Hardati, Daris Zunaida

Sari


ABSTRAK

 

Peneliti melakukannya sebagai pengetahuan mengenai apakah variabel suasana toko serta kualitas pelayanan berdampak dengan parsial juga simultan kepada keputusan pembelian pada pelanggan Kopi Studio 24 Cabang Soekarno Hatta. Pengaplikasiannya menggunakan jenis kuantitatif, yang mana teknik mengumpulkan data yakni deangan pemanfaatan media kuesioner. Populasi berupa pelanggan Kopi Studio 24 Soekarno Hatta. Hasil studi ini diketahui akan item suasana toko (X1) berdampak kepada keputusan pembelian (Y) pada pelanggan Kopi Studio 24 Cabang Soekarno Hatta. Variabel kualitas pelayanan (X2) berdampal kepada keputusan pembelian (Y) pada pelanggan Kopi Studio 24 Cabang Soekarno Hatta. Hasil uji F mendapati terdapat dampak dari item independen (suasana toko juga kualitas pelayanan) dengan simultan kepada item dependen (keputusan pembelian), mengakibatkan Ha diterima serta Ho ditolak. pengujian koefisien determinasi mendapati bahwa hasil adjusted R square senilai 0,310, bermakna semua item bebas yakni suasana toko (X1) serta kualitas pelayanan (X2) punya keikutsertaan dengan bersamaan senilai 31% kepada item keputusan pembelian (Y). Dan untuk sisa nilai senilai 69% didampaki dari item lain yang tak termasuk pada studi ini.

Kata Kunci:. Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

The researcher did this to gain knowledge about whether store atmosphere variables and service quality have a partial or simultaneous impact on purchasing decisions for customers of Kopi Studio 24 Soekarno Hatta Branch. The application uses a quantitative type, where the technique for collecting data is by using questionnaire media. The population consists of Kopi Studio 24 Soekarno Hatta customers. The results of this study show that the shop atmosphere item (X1) has an impact on purchasing decisions (Y) for Kopi Studio 24 Soekarno Hatta Branch customers. The service quality variable (X2) has an impact on purchasing decisions (Y) for Kopi Studio 24 Soekarno Hatta Branch customers. The results of the F test found that there was an impact from the independent items (store atmosphere and service quality) simultaneously on the dependent item (purchasing decision), resulting in Ha being accepted and Ho being rejected. Testing the coefficient of determination found that the adjusted R square result was 0.310, meaning that all independent items, namely store atmosphere (X1) and service quality (X2) had a simultaneous contribution of 31% to the purchasing decision item (Y). And the remaining 69% of the value was impacted by other items not included in this study.

Keywords:. Store Atmosphere, Service Quality, Purchasing Decisions


Kata Kunci


Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Buku:

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Berman, Barry & Evans, Joel R. (2014). Retail Management. Edisi 12, Alih Bahasa

Oleh Lina Salim. Jakarta : Pearson

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Koesoemaningsi, R. (2013). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Pendidikan Pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi.

Kotler dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler. (2005). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramed.

Levy, Michael dan Weitz, Barton A. 2012. Retailing Management (8th ed.) New York, America: McGraLevy, Michael dan Weitz, Barton A. 2012. Retailing Management (8th ed.) New York, America: McGraw-Hill/Irwinw-Hill/Irwin

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Ma’ruf,H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Napitupulu, Sabar dan Nirwana Tapiomas. (2010). Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli Edisi Kedua. Jakarta: Atalya Rileni Sudeco

Ngatno. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 1. Semarang: EF Pres Digimedia

Peter, Paul dan Olson, Jerry. (2000). Alih bahasa: Damos Sihombing, M.B.A. dan Peter Remy Yossi Pasia, M.B.A. Edisi 4. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sinambela dan Chotim. (2020). Statistika Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. (2013). Metode Studi Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Studi Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2002). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta Majalah Info Bisnis, Edisi Maret. Tahun ke VI

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (Pemasaran Strategi Edisi 2). 2012. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Utami, C.W. (2017). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis RItel Modern di Indonesia (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal dan Studi Terdahulu:

Marsella, Dinda Dwi, dkk. 2020. Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian di Butik Nabila Lumajang. Jurnal Jobman., Vol. 2 No. 4. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/294. Diakses pada Februari 2023.

Masriya, Shafa Shinta dan Chaerudin. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Cafe Terhadap Keputusan Pembelian Rai Raka Cafe Di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 17 No. 2. https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/23053. Diakses pada Februari 2023.

Merentek, Yumi Febiola, dkk. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Bahu Mall Manado. Jurnal JE, Vol. 5 No. 3. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/17163. Diakses pada Februari 2023.

Prasetyo, Arief. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Konsumen Produk Dazzle Di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta). Jurnal Manajemen, Vol. 1 No. 4. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/diversifikasi/article/view/607. Diakses pada Februari 2023.

Yuliani, Ni Kadek Dwi. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Dewa Ayu Shop Klungkung. Jurnal EMAS, Vol. 2 No. 1. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1416. Diakses pada Februari 2023.

Internet:

Link akses Kuesioner: https://forms.gle/9n3n8s1GRvNqR1wU6


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.