PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SKINCARE MS GLOW

Naura Kamilla, Dadang Krisdianto, Eny Widayawati

Sari


ABSTRAK
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu dibuat untuk mengetahui bagaimana pengaruh
dari variabel brand ambassador, brand image dan brand trust terhadap minat beli. Kuantatif
digunakan pada penelitian ini dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data,
observasi serta dokumentasi. Banyaknya sampel dalam penelitian adalah 240 responden.
Penelitian ini memberikan hasil bahwa brand ambassador memiliki pengaruh parsial
pada minat beli, brand image berpengaruh parsial pada minat beli dan brand trust memiliki
pengaruh secara parsial pada minat beli. Hasil tersebut dapat dilihat melalui pengaturan
pengaruh signifikan yang telah diuji pada SPSS dan diuji pada SPSS 25, yang dinyatakan setiap
angka dalam variabel berikut: nilai sig. t brand ambassador menunjukan angka 0,041 < 0,050
dan thitung > ttabel yaitu 2.052 > 1.651 yang berarti Ha diterima serta HO ditolak, taraf sig. t
brand image 0,002 < 0,050 dan thitung > ttabel yaitu 3.184 > 1.651 dengan artian Ha diterima
dan HO ditolak, dan brand trust 0,000 < 0,050 dan thitung > ttabel yaitu 6.944 > 1.651 dalam
arti Ha diterima dan HO ditolak. Uji simultan menunjukan nilai sig. 0,000 < 0,050 dan Fhitung
> Ftabel yaitu 49.756 > 2,40 maka ketiga variabel tersebut secara bersama memiliki pengaruh
signifikan terhadap minat beli.
Kata kunci : Brand Ambassador, Brand Image, Brand Trust, Minat Beli
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out how the influence of brand ambassador,
brand image and brand trust variables on buying interest. Quantitative was used in this study
and used a questionnaire to collect data, observation and documentation. The number of
samples in the study were 240 respondents.
This study gives the result that brand ambassadors have a partial effect on purchase
intention, brand image has a partial effect on purchase intention and brand trust has a partial
effect on purchase intention. These results can be seen through the significant effect settings
that have been tested on SPSS and tested on SPSS 25, which are expressed in each number in
the following variable: sig value. t brand ambassador shows the number 0.041 <0.050 and
tcount> ttable, namely 2.052> 1.651 which means that Ha is accepted and HO is rejected, the
level is sig. t brand image 0.002 <0.050 and tcount > ttable, namely 3,184 > 1,651, meaning
that Ha is accepted and HO is rejected, and brand trust is 0,000 <0.050 and tcount > ttable,
namely 6,944 > 1,651, meaning Ha is accepted and HO is rejected. Simultaneous test shows
the value of sig. 0.000 <0.050 and Fcount > Ftable, namely 49,756 > 2.40, the three variables
together have a significant influence on purchase intention.
Keywords: Brand Ambassador, Brand Image, Brand Trust, Purchase Intention


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmaddien, I., & Syarkani, D. (2019).

Statistika Terapan Dengan Sistem

SPSS. Bandung: ITB Press.

Andini, P. N., & Lestari S.Sos.,MM, M. T.

(2021). Pengaruh Brand

Ambassador Dan Brand Image

Terhadap Minat Beli Pengguna

Aplikasi Tokopedia. e-Proceeding

of Management, Vol. 8, 2074-2082.

Annur, C. M. (2022, 12 08). Survei:

Konsumen RI Lebih Tertarik

dengan Influencer Lokal Ketimbang

Artis Korea . Retrieved from

Katadata.co.id:

https://databoks.katadata.co.id/data

publish/2022/12/08/surveikonsumen-ri-lebih-tertarik-denganinfluencer-lokal-ketimbang-artiskorea

Diakses pada Februari 2023

Anang Firmansyah, S. M. (2019).

Pemasaran Produk Dan Merek

(Planning & Strategy). CV. Penerbit

Qiara Media.

Cece, I. S. (2015). Pengaruh Brand Origin,

Brand Ambassador Dan Brand

Image Terhadap Minat Beli Sepatu

Macbeth Di Sogo Galaxy Mall

Surabaya. e-Jurnal Manajemen

Kinerja, 101-110.

CNBC. (2022). Heboh Penjualan MS Glow

Rp 600 M Sebulan, MBTO &

MRAT Lewat?. Retrived from

cnbindonesia.com:

https://www.cnbcindonesia.com/m

arket/20220325075903-17325876/heboh-penjualan-ms-glowrp-600-m-sebulan-mbto-mrat-lewat

Diakses Pada Agustus 2023

Compas. (2022). 10 Brand Skincare Lokal

Terlaris Di Indonesia. Retrieved

from Compas :

https://compas.co.id/article/brandskincare-lokal-terlaris/

Daga, R. (2017). CITRA, KUALITAS

PRODUK, DAN KEPUASAN

PELANGGAN. Makasar:

GLOBAL RESEARCH AND

CONSULTING INSTITUTE.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi

Konsumen (Vol. Edisi Pertama).

Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Ghozali, M. P. (2018). Aplikasi Analisis

Multivariate. Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasian, A. G., & Pramuditha, C. A. (2022).

Pengaruh Brand Ambassador,

Brand Awareness, Brand Image,

Dan Brand Loyalty Terhadap

Keputusan Pembelian Smartphone

Samsung Di Palembang (Studi

Kasus Pada

Masyarakat Kota Palembang). Publikasi

Riset Mahasiswa Manajemen, 115121.

Hassan, Kabir, dkk. (2021). Proceedings of

the 1st Maritime, Economics, and

Business International Conference.

Riau:MEBIC

Heryanto, Imam dan Totok Triwibowo.

Path Analysis Menggunakan

SPSS dan Excel. Bandung:

Informatika Bandung.

Hilda, I. (2022, 02 08). Cha Eun Woo

Didapuk Jadi Brand Ambassador

MS Glow, Ini Produk

Skincare Favoritnya. Retrieved

from Fimela.com: https://

https://www.fimela.com/beauty/rea

d/4882046/cha-eun-woo-didapukjadi-brand-ambassador-ms-glowini-produk-skincare-favoritnya

Diakses pada Februari 2023

Marketeers. (2022, 3 26). MS Glow Raih

Gold Winner Marketeers Youth

Choice Award (YCA) 2022.

Retrieved from Marketeers:

https://www.marketeers.com/ms-glow-raih-gold-winner-marketeersyouth-choice-award-yca-2022/

Diakses pada Februari 2023

Royan, F. M. (2004). Marketing

Celebrities. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo

Santoso, T. A., & Mardian, I. (2020).

Pengaruh Brand Image Dan Brand

Trust Terhadap Minat Beli Pada

Produk Avocado Mantul. Jurnal

Ekonomi Manajemen ETIS, 28-34.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen

Perspektif Kontemporer Pada

Motif, Tujuan, Dan Keinginan

Konsumen (Vol. Edisi Ketiga (Vol.

). Jakarta: Prenada Media Group.

Sinambela, P. P., & Chotim, M.Si., D. E.

(2020). Statistika Sosial : Teori Dan

Aplikasi Untuk Mahasiswa Dan

Peneliti Ilmu-Ilmu Sosial. Depok:

PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Stella. (2020). Pengaruh Brand Image Dan

Brand Trust Terhadap Minat Beli Di

Sociolla Di Jakarta. Program Studi

Magister Manajemen Universitas

Tarumanegara, 611-616.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung: ALFABETA, CV.

Wibowo, K. Q., & Utami, M. P. (2023).

Pengaruh Brand Ambassador BTS

Terhadap Minat Beli Remaja Di

Tokopedia. Junal Media

Administrasi, 13-22.

Yoel, D. A., Massie, J. D., & Tielung, M.

V. (2021). Pengaruh Brand Image

Dan Brand Ambassador Terhadap

Minat Beli Konsumen Di Era New

Normal Pandemi Covid-19 Pada

Baskin-Robbins Manado Town

Square. Jurnal EMBA, 136-144.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.