PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SKINCARE MS GLOW
Sari
ABSTRAK
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu dibuat untuk mengetahui bagaimana pengaruh
dari variabel brand ambassador, brand image dan brand trust terhadap minat beli. Kuantatif
digunakan pada penelitian ini dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data,
observasi serta dokumentasi. Banyaknya sampel dalam penelitian adalah 240 responden.
Penelitian ini memberikan hasil bahwa brand ambassador memiliki pengaruh parsial
pada minat beli, brand image berpengaruh parsial pada minat beli dan brand trust memiliki
pengaruh secara parsial pada minat beli. Hasil tersebut dapat dilihat melalui pengaturan
pengaruh signifikan yang telah diuji pada SPSS dan diuji pada SPSS 25, yang dinyatakan setiap
angka dalam variabel berikut: nilai sig. t brand ambassador menunjukan angka 0,041 < 0,050
dan thitung > ttabel yaitu 2.052 > 1.651 yang berarti Ha diterima serta HO ditolak, taraf sig. t
brand image 0,002 < 0,050 dan thitung > ttabel yaitu 3.184 > 1.651 dengan artian Ha diterima
dan HO ditolak, dan brand trust 0,000 < 0,050 dan thitung > ttabel yaitu 6.944 > 1.651 dalam
arti Ha diterima dan HO ditolak. Uji simultan menunjukan nilai sig. 0,000 < 0,050 dan Fhitung
> Ftabel yaitu 49.756 > 2,40 maka ketiga variabel tersebut secara bersama memiliki pengaruh
signifikan terhadap minat beli.
Kata kunci : Brand Ambassador, Brand Image, Brand Trust, Minat Beli
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out how the influence of brand ambassador,
brand image and brand trust variables on buying interest. Quantitative was used in this study
and used a questionnaire to collect data, observation and documentation. The number of
samples in the study were 240 respondents.
This study gives the result that brand ambassadors have a partial effect on purchase
intention, brand image has a partial effect on purchase intention and brand trust has a partial
effect on purchase intention. These results can be seen through the significant effect settings
that have been tested on SPSS and tested on SPSS 25, which are expressed in each number in
the following variable: sig value. t brand ambassador shows the number 0.041 <0.050 and
tcount> ttable, namely 2.052> 1.651 which means that Ha is accepted and HO is rejected, the
level is sig. t brand image 0.002 <0.050 and tcount > ttable, namely 3,184 > 1,651, meaning
that Ha is accepted and HO is rejected, and brand trust is 0,000 <0.050 and tcount > ttable,
namely 6,944 > 1,651, meaning Ha is accepted and HO is rejected. Simultaneous test shows
the value of sig. 0.000 <0.050 and Fcount > Ftable, namely 49,756 > 2.40, the three variables
together have a significant influence on purchase intention.
Keywords: Brand Ambassador, Brand Image, Brand Trust, Purchase Intention
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmaddien, I., & Syarkani, D. (2019).
Statistika Terapan Dengan Sistem
SPSS. Bandung: ITB Press.
Andini, P. N., & Lestari S.Sos.,MM, M. T.
(2021). Pengaruh Brand
Ambassador Dan Brand Image
Terhadap Minat Beli Pengguna
Aplikasi Tokopedia. e-Proceeding
of Management, Vol. 8, 2074-2082.
Annur, C. M. (2022, 12 08). Survei:
Konsumen RI Lebih Tertarik
dengan Influencer Lokal Ketimbang
Artis Korea . Retrieved from
Katadata.co.id:
https://databoks.katadata.co.id/data
publish/2022/12/08/surveikonsumen-ri-lebih-tertarik-denganinfluencer-lokal-ketimbang-artiskorea
Diakses pada Februari 2023
Anang Firmansyah, S. M. (2019).
Pemasaran Produk Dan Merek
(Planning & Strategy). CV. Penerbit
Qiara Media.
Cece, I. S. (2015). Pengaruh Brand Origin,
Brand Ambassador Dan Brand
Image Terhadap Minat Beli Sepatu
Macbeth Di Sogo Galaxy Mall
Surabaya. e-Jurnal Manajemen
Kinerja, 101-110.
CNBC. (2022). Heboh Penjualan MS Glow
Rp 600 M Sebulan, MBTO &
MRAT Lewat?. Retrived from
cnbindonesia.com:
https://www.cnbcindonesia.com/m
arket/20220325075903-17325876/heboh-penjualan-ms-glowrp-600-m-sebulan-mbto-mrat-lewat
Diakses Pada Agustus 2023
Compas. (2022). 10 Brand Skincare Lokal
Terlaris Di Indonesia. Retrieved
from Compas :
https://compas.co.id/article/brandskincare-lokal-terlaris/
Daga, R. (2017). CITRA, KUALITAS
PRODUK, DAN KEPUASAN
PELANGGAN. Makasar:
GLOBAL RESEARCH AND
CONSULTING INSTITUTE.
Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi
Konsumen (Vol. Edisi Pertama).
Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Ghozali, M. P. (2018). Aplikasi Analisis
Multivariate. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasian, A. G., & Pramuditha, C. A. (2022).
Pengaruh Brand Ambassador,
Brand Awareness, Brand Image,
Dan Brand Loyalty Terhadap
Keputusan Pembelian Smartphone
Samsung Di Palembang (Studi
Kasus Pada
Masyarakat Kota Palembang). Publikasi
Riset Mahasiswa Manajemen, 115121.
Hassan, Kabir, dkk. (2021). Proceedings of
the 1st Maritime, Economics, and
Business International Conference.
Riau:MEBIC
Heryanto, Imam dan Totok Triwibowo.
Path Analysis Menggunakan
SPSS dan Excel. Bandung:
Informatika Bandung.
Hilda, I. (2022, 02 08). Cha Eun Woo
Didapuk Jadi Brand Ambassador
MS Glow, Ini Produk
Skincare Favoritnya. Retrieved
from Fimela.com: https://
https://www.fimela.com/beauty/rea
d/4882046/cha-eun-woo-didapukjadi-brand-ambassador-ms-glowini-produk-skincare-favoritnya
Diakses pada Februari 2023
Marketeers. (2022, 3 26). MS Glow Raih
Gold Winner Marketeers Youth
Choice Award (YCA) 2022.
Retrieved from Marketeers:
https://www.marketeers.com/ms-glow-raih-gold-winner-marketeersyouth-choice-award-yca-2022/
Diakses pada Februari 2023
Royan, F. M. (2004). Marketing
Celebrities. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo
Santoso, T. A., & Mardian, I. (2020).
Pengaruh Brand Image Dan Brand
Trust Terhadap Minat Beli Pada
Produk Avocado Mantul. Jurnal
Ekonomi Manajemen ETIS, 28-34.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen
Perspektif Kontemporer Pada
Motif, Tujuan, Dan Keinginan
Konsumen (Vol. Edisi Ketiga (Vol.
). Jakarta: Prenada Media Group.
Sinambela, P. P., & Chotim, M.Si., D. E.
(2020). Statistika Sosial : Teori Dan
Aplikasi Untuk Mahasiswa Dan
Peneliti Ilmu-Ilmu Sosial. Depok:
PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Stella. (2020). Pengaruh Brand Image Dan
Brand Trust Terhadap Minat Beli Di
Sociolla Di Jakarta. Program Studi
Magister Manajemen Universitas
Tarumanegara, 611-616.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Bandung: ALFABETA, CV.
Wibowo, K. Q., & Utami, M. P. (2023).
Pengaruh Brand Ambassador BTS
Terhadap Minat Beli Remaja Di
Tokopedia. Junal Media
Administrasi, 13-22.
Yoel, D. A., Massie, J. D., & Tielung, M.
V. (2021). Pengaruh Brand Image
Dan Brand Ambassador Terhadap
Minat Beli Konsumen Di Era New
Normal Pandemi Covid-19 Pada
Baskin-Robbins Manado Town
Square. Jurnal EMBA, 136-144.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.