PENGARUH DISPLAY PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO JATI MULYA
Sari
ABSTRAKk
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruhhdisplaypproduk,
kualitasspelayananndan promosiiterhadap kepuasan pelanggan pada Toko Jati Mulya. Jenis
yang digunakan pada pelaksanaan penelitian ialah metode kuantitatiff. Pihak populasi yang
digunakan berasal dari pelanggan yang di rasa telah melakukan pembelian pada Toko Jati
Mulya sebanyak 256, dan sampel yang digunakan sebanyak 72 responden. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa variabel bebass(displayyproduk, kualitas pelayanan dan promosi).
Dinyatakan sah secara positif memiliki signifikansi terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan
besaran nilai hitung thitung > ttabel (.3,497 > .1,996.) dan besaran nilai signifikansi (.0,001
<.0,05.). Variabel kualitas pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan besaran nilai hitung thitung > ttabel (.3,968 > 1,996.)
dan besaran nilai signifikansi (.0,000 < 0,05.). Variabel promosi (X3) secara parsial
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan besaran nilai hitung thitung > ttabel
(.2,474 > 1,996.) dan besaran nilai signifikansi (.0,016 < 0,05.). Pada hasil uji F
mengungkapkan bahwasannya seluruh variabel bebas yang digunakan dinyatakan sah bahwa
signifikan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan (Y). Berlandaskan Fhitung > Ftabel yaitu
35,872 > 2,51 dengan signifikansi F 0,000 < 0,05. Besaran nilai pada koefisiensi determinasi
mengungkapkan variabel bebas keseluruhan memiliki pengaruh mencapai 78,3%.
Kata Kunci: Display Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan
ABSTRACT
The research aims to determine the effect of product display, service quality and
promotion on customer satisfaction at Toko Jati Mulya. The type used in the implementation
of research is quantitative methods. The population used came from customers who felt they
had made purchases at Jati Mulya Store as many as 256, and the sample used was 72
respondents. The results revealed that the variables are independent (product display, service
quality and promotion). Declared valid positively has significance to customer satisfaction (Y)
with the amount of calculated value tcalculate tcalculate > ttable (.3.497 > .1.996.) and the
amount of significance value (.0.001 <.0.05.). The promotion variable (X3) partially affects
customer satisfaction (Y) with the amount of calculated value of tcalculate > ttable (.2.474 >
1.996.) and the amount of significance value (.0.016 < 0.05.). The results of the F test reveal
that all independent variables used are declared valid that are significant in affecting customer
satisfaction (Y). Based on Fcalculate > Ftable, which is 35.872 > 2.51 with a significance of
F 0.000 < 0.05. The amount of value in the coefficient of determination revealed that the overall
independent variable had an influence of 78.3%. 21.7% of the remaining 100% used was
influenced by factors other than what was studied in this study.
Keywords: Product Display, Service Quality, Promotion, Customer Satisfaction
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R.
(2020). Pengaruh Kualitas Produk, Display
Layout dan Variasi Produk Terhadap
Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekombis
Review, 149-159.
Hassan, E. F. (2021). Pengaruh Promosi
dan Kualitas Pelayanan Grabfood
Terhadap Kepuasan Pelanggan Di
Masa Pandemi Covid 19 Kota
Klaten. Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 12.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016).
Marketing Management. Harlow:
Global Edition.
Rahmawati, I., Sa'adah, L., & Amalia, N.
(2020). Faktor Diskon, Bonus Pack
dan In Store Display serta
Pengaruhnya terhadap Pembelian
Impulsif. Jombang: LPPM
UNIVERSITAS KH.A. WAHAB
HASBULLAH.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran.
Malang: UB Press.
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020).
Pengaruh Harga dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan (Studi Kasus Pada PT.
Gojek. JURNAL EKOBIS:
EKONOMI, BISNIS &
MANAJEMEN, 79.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016).
Service, Quality dan Satisfaction.
Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.