PENGARUH DISPLAY PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO JATI MULYA

Mohammad Yusuf, Dadang Krisdianto, Khoiriyah Trianti

Sari


ABSTRAKk
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruhhdisplaypproduk,
kualitasspelayananndan promosiiterhadap kepuasan pelanggan pada Toko Jati Mulya. Jenis
yang digunakan pada pelaksanaan penelitian ialah metode kuantitatiff. Pihak populasi yang
digunakan berasal dari pelanggan yang di rasa telah melakukan pembelian pada Toko Jati
Mulya sebanyak 256, dan sampel yang digunakan sebanyak 72 responden. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa variabel bebass(displayyproduk, kualitas pelayanan dan promosi).
Dinyatakan sah secara positif memiliki signifikansi terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan
besaran nilai hitung thitung > ttabel (.3,497 > .1,996.) dan besaran nilai signifikansi (.0,001
<.0,05.). Variabel kualitas pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan besaran nilai hitung thitung > ttabel (.3,968 > 1,996.)
dan besaran nilai signifikansi (.0,000 < 0,05.). Variabel promosi (X3) secara parsial
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan besaran nilai hitung thitung > ttabel
(.2,474 > 1,996.) dan besaran nilai signifikansi (.0,016 < 0,05.). Pada hasil uji F
mengungkapkan bahwasannya seluruh variabel bebas yang digunakan dinyatakan sah bahwa
signifikan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan (Y). Berlandaskan Fhitung > Ftabel yaitu
35,872 > 2,51 dengan signifikansi F 0,000 < 0,05. Besaran nilai pada koefisiensi determinasi
mengungkapkan variabel bebas keseluruhan memiliki pengaruh mencapai 78,3%.
Kata Kunci: Display Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan

ABSTRACT
The research aims to determine the effect of product display, service quality and
promotion on customer satisfaction at Toko Jati Mulya. The type used in the implementation
of research is quantitative methods. The population used came from customers who felt they
had made purchases at Jati Mulya Store as many as 256, and the sample used was 72
respondents. The results revealed that the variables are independent (product display, service
quality and promotion). Declared valid positively has significance to customer satisfaction (Y)
with the amount of calculated value tcalculate tcalculate > ttable (.3.497 > .1.996.) and the
amount of significance value (.0.001 <.0.05.). The promotion variable (X3) partially affects
customer satisfaction (Y) with the amount of calculated value of tcalculate > ttable (.2.474 >
1.996.) and the amount of significance value (.0.016 < 0.05.). The results of the F test reveal
that all independent variables used are declared valid that are significant in affecting customer
satisfaction (Y). Based on Fcalculate > Ftable, which is 35.872 > 2.51 with a significance of
F 0.000 < 0.05. The amount of value in the coefficient of determination revealed that the overall
independent variable had an influence of 78.3%. 21.7% of the remaining 100% used was
influenced by factors other than what was studied in this study.

Keywords: Product Display, Service Quality, Promotion, Customer Satisfaction


Kata Kunci


Display Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R.

(2020). Pengaruh Kualitas Produk, Display

Layout dan Variasi Produk Terhadap

Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekombis

Review, 149-159.

Hassan, E. F. (2021). Pengaruh Promosi

dan Kualitas Pelayanan Grabfood

Terhadap Kepuasan Pelanggan Di

Masa Pandemi Covid 19 Kota

Klaten. Universitas

Muhammadiyah Surakarta, 12.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016).

Marketing Management. Harlow:

Global Edition.

Rahmawati, I., Sa'adah, L., & Amalia, N.

(2020). Faktor Diskon, Bonus Pack

dan In Store Display serta

Pengaruhnya terhadap Pembelian

Impulsif. Jombang: LPPM

UNIVERSITAS KH.A. WAHAB

HASBULLAH.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran.

Malang: UB Press.

Solikha, S., & Suprapta, I. (2020).

Pengaruh Harga dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan (Studi Kasus Pada PT.

Gojek. JURNAL EKOBIS:

EKONOMI, BISNIS &

MANAJEMEN, 79.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016).

Service, Quality dan Satisfaction.

Yogyakarta: Penerbit ANDI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.