PENGARUH KUALITAS WEBSITE, KEPERCAYAAN, DANhDISKON TERHADAPqKEPUTUSAN PEMBELIAN VIA GOJEK PADA AYAM GORENG NELONGSO TLOGOMAS

Predy Pranajaya, Dadang Krisdianto, Ainul Chanafi

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, kepercayaan, dan diskon terhadap konsumen Ayam Goreng Nelongso yang membeli melalui aplikasi Gojek. Penelitian ini untuk mengentahui seberapa besar pengaruh variabel bebas yang dipakai ini terhadap keputusan pembelian online menjadi tujuan pelaksanaan penilitian ini. Dalam mengetahui kualitas website digunakan teknik webqual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan observasi. Responden dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan jumlah populasi sebanyak 148.

 

Kata kunci : Webqual, kualitas website, kepercayaan, diskon, keputusan pembelian, aplikasi Gojek.

 

ABSTRACT

The focus of this mini research is on consumers of Nelongso Fried Chicken who buy through the Gojek application. In order to find out how much influence the independent variables used have on online purchasing decisions is the goal of carrying out this research. In knowing the quality of the website used webqual technique. The research is described quantitatively associative by collecting data using questionnaires and observation techniques. Based on 60 respondents as a sample as a representative of 148 other populations.

 

Keywords : Webqual, website quality, trust, discount, purchase decision, Gojek application.


Kata Kunci


Webqual, kualitas website, kepercayaan, diskon, keputusan pembelian, aplikasi Gojek.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anshori, M., & Iswati, S. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved desember 2, 2022, from kbbi.web.id

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Retrieved desember 2, 2022, from kbbi.web.id

Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2002). Kualitas website merupakan Penilaian terhadap situs yang berbasis pada persepektif konsumen dari sisi penggunaan, informasi, dan interaksi. Journal of Electronic Commerce Research, 120.

BPS. (2022, Desember 19). Statistik E-Commerce 2022. Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/publication/2022/12/19/d215899e13b89e516caa7a44/statistik-e-commerce-2022.html

Direktorat Statistik, Keuangan, TI, dan Pariwisata. (2022). STATISTIK eCOMMERCE 2022. Jakarta: Badan Pusat .

Felici, M. (2013). Cyber Security and Privacy. Brussels: Springer.

Ghodang, H., & Hantono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif konsep dasar & analisis regresi dan jalur dengan SPSS. Medan: Penertbi MItra Grup.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika , I. M., Hasan, M., Utomo, P. K., . . . Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Budi, K. P., . . . Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1 ed.). Surabaya: Airlangga University Press.

KOMINFO. (2017, Juni 29). Sistem e-Commerce dan Perlindungan Konsumen. Retrieved from Direktorat Jendral Aplikasi Informatika: https://aptika.kominfo.go.id/2017/06/sistem-e-commerce-dan-perlindungan-konsumen/

Nurmawati. (2018). Perlikau Konsumen & Keputusan Pembelian. Malang: Media Nusa Creative.

OkeZone. (2021, Febuari 22). Indonesia ranking ke-121 dalam peringkat internet tercepat di dunia. Retrieved from Oketechno: https://techno.okezone.com/read/2021/02/22/16/2366013/indonesia-ranking-ke-121-dalam-peringkat-internet-tercepat-di-dunia

Paramita, R. W., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa . Lumajang: Widya Gama Press.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (2023, Mei 4). Sebuah perjalanan. Retrieved from Gojek: https://www.gojek.com/id-id/about/

Rahmadi. (2011). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. Banjarmasin: ANTASARI PRESS.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Sari, A. O., Abdilah, A., & Sunarti. (2019). Web Programming (1 ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online Kualitas Website, Keamanan, dan Kepercayaan (ke1 ed.). Surabaya: Scorpindo Media Cetak.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemsaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sorongan, F., & Sudibyo, T. (2015). Laboratorium Pengantar Aplikasi Komputer (1 ed.). Jakarta: PERBANAS INSTITUTE JAKARTA.

Stuart, J. B., & Vidgen, R. (2002). An Interagtive to the assessment of E-commerce Quality. journal of electronic commerce research, 122.

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. S. (2020). INSTRUMEN PENELITIAN. Denpasar: Mahameru Press.

Suryawinata, M. (2019). Buku Ajar Aplikasi berbasis Website (1 ed.). Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sutisna, S. M. (2002). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. (1 ed.). Bandung: Remaja Rosadakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.