PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND AMBASSADOR DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK MIE LEMONILO (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang)

Aulia Arbiyan Putri, Dadang Krisdianto, Eny Widayawati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh brand awareness, brand ambassador dan harga terhadap minat beli konsumen. Kuantitatif dipakai sebagai jenis penelitian. Data dikumpulkan memakai kuesioner, observasi serta dokumentasi dengan banyak sampel yang digunakan 127 responden.  Brand awareness (X1) mempunyai pengaruh signifikan pada minat beli konsumen (Y) dan nilai thitung > ttabel (10.202 > 1.979) serta nilai sig. (0.000 < 0.05). Brand ambassador (X2) mepunyai pengaruh signifikan pada minat beli konsumen (Y) dan nilai thitung > ttabel ( 3.264 > 1.979) serta nilai sig. (0.001 < 0.05). Harga (X3) mempunyai pengaruh tidak signifikan pada minat beli konsumen (Y) dan nilai thitung < ttabel (-1.295 < 1.979) dan nilai sig. (0.198 > 0.05). Dari uji F, brand awareness, brand ambassador dan harga mempunyai pengaruh pada minat beli konsumen dengan Fhitung > Ftabel yaitu 69.547 > 2.45 dengan signifikansi F  < 0.05. Sedangkan R2 menyatakan variabel (Y) dipengaruhi 62% oleh variabel (X).

Kata kunci: Brand Awareness, Brand Ambassador, Harga dan Minat Beli Konsumen

ABSTRACT

The purpose of conducting research is to find out the effect of brand awareness, brand ambassadors and prices on consumer buying interest. Quantitative is used as a type of research. Data was collected using a questionnaire, observation and documentation with a large sample of 127 respondents. Brand awareness (X1) has a significant influence on consumer buying interest (Y) and tcount > ttable (10,202 > 1,979) and sig. (0.000 < 0.05). Brand ambassadors (X2) have a significant influence on consumer buying interest (Y) and tcount > ttable (3,264 > 1,979) and sig. (0.001 < 0.05). Price (X3) has no significant effect on consumer buying interest (Y) and tcount < ttable (-1,295 <1,979) and sig. (0.198 > 0.05). From the F test, brand awareness, brand ambassadors and price have an influence on consumer buying interest with Fcount > Ftable, namely 69,547 > 2.45 with a significance of F <0.05. Meanwhile, R2 stated that the variable (Y) was influenced by 62% by the variable (X).

Keywords: Brand Awareness, Brand Ambassador, Price and Consumer Buying Interest

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.