PERAN ENDORSEMENT TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA TOKO 99 AKSESORIS HANDPHONE MT. HARYONO MALANG)

Intan Aprillia Rudiana, Sri Nuringwahyu, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran endorsement dan proses endorsement terhadap volume penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Toko 99 aksesoris handphone Malang menggunakan celebrity endorser untuk kegiatan endorsement. Peran celebrity endorser yang telah digunakan berperan kedalam kegiatan penjualan sehingga berpengaruh terhadap volume penjualan Toko 99 aksesoris handphone Malang. Peran endorsement dan proses endorsement yang dilakukan Toko 99 mengetahui volume penjualan

Kata kunci: Endorsement, Celebrity Endorser, Volume Penjualan

 

ABSTRACT

This study aims to determine the role endorsement the endorsement process sales volume. used is qualitative. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The data sources in this study are primary data sources and secondary data. The results of this study indicate Store 99 mobile phone accessories in Malang uses a celebrity endorser for endorsement activities. The role of the celebrity endorser used sales activities so that it influences the sales volume of Store 99 mobile accessories Malang. The role of endorsement and the endorsement process carried out by Toko 99 determines the achievement of sales volume, profit, and company growth.

Keywords: Endorsement, Celebrity Endorser, Sales Volume


Kata Kunci


Endorsement, Celebrity Endorser, Volume Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ainurrofiqin (2021). 99 Strategi Branding Di Era 4.0. [Internet], Available from: Google Books http://www.googlebooks.com [Accessed 12 Maret 2023]

Damaya (2018). Super Student Preneur. [Internet], Available from: Google Books http://www.googlebooks.com [Accessed 12 Maret 2023]

Dewi & Utama (2022). Pemasaran Kreatif Untuk Segala Bisnis. [Internet], Available from: Google Books http://www.google.com [Accessed 20 Juli 2023]

Hasniaty, et al (2023). Social Media Marketing. [Internet], Available from : Google Books http://www.googlebooks.com [Accsessed 20 Juli 2023]

Kapanlagi.com (2023). Kisah Dikabj yang dikenal sebagai konten kreator. [Internet], Available from: https://www.kapanlagi.com [Accesesed 26 Agustus 2023]

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan kelima. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Nabila Kartika Luthfa. (2018). Panduan Melakukan Endorsement Bagi Bisnis Online. Available from: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-endorsement-dapat-meningkatkan-penjualan-bisnis-online [Accsesed 12 Maret 2023]

Putri, Yasa & Rahanantha (2023). Kredibilitas Celebrity Endorser Untuk Membangun Citra Merek Dan Meningkatkan Niat Beli. [Internet], Available from: Google Books http://www.googlebooks.com [Accsesed 20 Juli 2023]

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman dan Kanuk. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

Shimp, Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Tim Penlis Intera (2021). Starategi Digital Marketing Untuk Menaikkan Keuntungan. Karanganyar: Intera.

Umar Sidiq & Anwar Mujahidin. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Vincent Didiek Wiet Aryanto & Yohan Wismantoro (2020). Marketing Digital Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. Yogyakarta: PT Kanisius


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.