PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN E-COMMERCE TIKTOK SHOP (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS ISLAM MALANG)

Arsyita Nurrizki Sanjaya, Daris Zunaida, Ainul Chanafi

Sari


ABSTRAK

Riset ini berkehendak akan imbas kualitas produk dan kepercayaan selaku parsial beserta simultan pada kepuasan pelanggan e-commerce TikTok Shop. Riset berupa kuantitatif yang mempergunakan teknik pengumpulan data berbentuk kuesioner. Populasi riset berisi mahasiswa Universitas Islam Malang Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis angkatan 2019-2021. Selanjutnya, berkenaan hasil riset menerangkan variabel kualitas produk (X1) bersama kepercayaan (X2) berimbas pada kepuasan pelanggan e-commerce TikTok Shop. Sementara itu, dari uji f menerangkan didapati imbas selaku simultan antara variabel kualitas produk dan kepercayaan pada variabel kepuasan pelanggan. Adapun hasil uji koefisien determinasi menerangkan nilai adjusted R square sejumlah 0,556 bermaksud keseluruhan variabel bebas kualitas produk (X1) dan kepercayaan (X2) menyimpan kontribusi bersamaan sejumlah 55,6% akan variabel kepuasan pelanggan (Y). Kemudian lebihnya 44,4% disimpan atas variabel lain yang tak dikaji dalam riset.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan

 

ABSTRACT

This research intends the impact of product quality and trust as partial and simultaneous on TikTok Shop e-commerce customer satisfaction. Research in the form of quantitative using data collection techniques in the form of questionnaires. The research population contains students of the Islamic University of Malang, Faculty of Administrative Sciences, Business Administration Study Program, class of 2019-2021. Furthermore, regarding the research results, it explains that the variables of product quality (X1) along with trust (X2) have an impact on TikTok Shop e-commerce customer satisfaction. Meanwhile, the f test explains that there is a simultaneous impact between the variables of product quality and trust on the customer satisfaction variable. The results of the coefficient of determination test explain that the adjusted R square value of 0.556 means that the overall independent variables of product quality (X1) and trust (X2) store a simultaneous contribution of 55.6% to the customer satisfaction variable (Y). Then more 44.4% is stored on other variables not studied in the research.

Keywords: Product Quality, Trust, Customer Satisfaction


Kata Kunci


Kualitas Produk, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ba, S., & Pavlou, P., A. (2002). Evidence of the Effect of Trust Building Technology in Electronic Markets: Price Premiums and Buyer Behavior. Management Information Systems Research Center [Internet], 26(3) September, pp.243-268.

Daga Rosnaini. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Makassar, Global RCI.

Ghozali Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya, Unitomo Press.

Rahmadana Fitri. (2021). Ekonomi Digital. Badung, Nilacakra.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta, CV Andi Offset.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta, Andi.

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran. ed. 3. Yogyakarta, Andi.

Wardoyo dan Andini. (2017). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian secara Online. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya [Internet], 19(1) Juni, pp.12-26. Diunduh dari:


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.